Kerjasama Guru Agama dan Guru Bimbingan Konseling dalam Menangani Problematika Kenakalan Siswa di MA Miftahussalam Kambeng

Nazihah, Syarifah (2023) Kerjasama Guru Agama dan Guru Bimbingan Konseling dalam Menangani Problematika Kenakalan Siswa di MA Miftahussalam Kambeng. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190274_SYARIFAH NAZIHAH_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Nazihah, Syarifah. 2023. Kerjasama Guru Agama dan Guru Bimbingan Konseling dalam Menangani Problematika Kenakalan Siswa di MA Miftahussalam Kambeng. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Muhammad Ali, M.Pd.
Kata Kunci: Guru Agama dan Guru Bimbingan Konseling, Kenakalan Siswa, Kerjasama.
Dewasa ini problematika yang sering muncul dalam lingkup sekolah yaitu problematika kenakalan siswa seperti membolos, merokok, perkelahian antar teman, dan lain-lain. Hal tersebut disebabkan oleh berbagai faktor yang mempengaruhinya. Apabila problematika kenakalan siswa terus dibiarkan maka akan menjadi kenakalan yang lebih berat. Oleh sebab itu, penanganannya memerlukan kerjasama antara guru agama dengan guru Bimbingan Konseling untuk membina karakter/akhlak siswa di sekolah.
Tujuan penelitian ini, yaitu: (1) Mengetahui bentuk-bentuk kenakalan siswa yang dilakukan di MA Miftahussalam Kambeng; (2) Mengetahui kerjasama guru agama dan guru bimbingan konseling dalam menangani problematika kenakalan siswa di MA Miftahussalam Kambeng; dan (3) Mengetahui hasil kerjasama guru agama dan guru bimbingan konseling dalam menangani problematika kenakalan siswa di MA Miftahussalam Kambeng.
Adapun jenis penelitian yang dilakukan peneliti merupakan penelitian lapangan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang menjelaskan tentang kerjasama guru agama dan guru bimbingan konseling dalam menangani problematika kenakalan siswa di MA Miftahussalam Kambeng. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul dianalisis menggunakan analisis interaktif yang diperkenalkan oleh Miles dan Huberman yang meliputi reduksi, display, dan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Bentuk-bentuk kenakalan siswa di MA Miftahussalam Kambeng tergolong kenakalan ringan seperti terlambat masuk sekolah, membolos saat pergantian jam pelajaran, perkelahian kecil dengan teman sebaya, tidak masuk sekolah tanpa keterangan, merokok, dan lain-lain. (2) Bentuk kerjasama yang dilakukan oleh guru agama dan guru bimbingan konseling dalam menangani kenakalan siswa yaitu membimbing siswa dengan menanamkan nilai-nilai keagamaan melalui budaya madrasah, memberikan motivasi di setiap proses pembelajaran maupun dalam kegiatan yang ada di madrasah, mengadakan sosialisasi terkait problematika kenakalan siswa, dan membentuk tim khusus. (3) Hasil kerjasama guru agama dan guru bimbingan konseling dalam menangani problematika kenakalan siswa mengalami penurunan dari tahun-tahun sebelumnya. Upaya yang dilakukan guru untuk mencegah terjadinya kenakalan siswa belum berjalan dengan maksimal dikarenakan terdapat beberapa faktor yang menghambat kerjasama antara guru agama dan guru bimbingan konseling.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Ali
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Dec 2023 02:09
Last Modified: 15 Dec 2023 02:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26709

Actions (login required)

View Item View Item