Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Peserta Didik Baru (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darul Huda Putra Ponorogo)

Alrifai, Muhammad Mazdudin (2023) Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Peserta Didik Baru (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darul Huda Putra Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206180042_M. Mazdudin Alrifai_MPI. doc.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Alrifai, Muhammad Mazdudin. 2023. Manajemen Pemasran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Peserta Didik Baru (Studi Kasul Di Pondok Pesantren Darul Huda Putra Ponorogo) Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegururan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Fata Asyrofi Yahya, M.Pd.

Kata Kunci: manajemen pemasaran, jasa pendidikan, peserta didik baru.
Lembaga pendidikan adalah suatu wadah yang melayani konsumen berupa siswa, mahasiswa, dan masyarakat umum, Dengan ini Lembaga pondok pesantren baik negeri maupun swasta di wilayah Ponorogo seperti di PP Darul Huda yang memiliki tujuan salah satunya yakni menumbuhkan budaya ilmu, amal dan taqwa serta akhlaqul karimah pada jiwa santri dalam pengabdiannya kepada agama dan masyarakat. Dari sinilah lembaga pesantren ikut serta di dalam pengembangan pendidikan sehingga bisa memberikat minat yang tinggi untuk pelayanan masyarakat dan calon santri.
Peneliti bertujuan mengetahui pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan peserta didik baru di Pondok Pesantren Darul Huda Ponorogo yang meliputi dari perencanaan pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan peserta didik baru di PP Darul Huda Ponorogo, pengorganisasian pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan peserta didik baru di PP Darul Huda Ponorogo, pelaksanaan pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan peserta didik baru di PP Darul Huda Ponorogo, dan evaluasi pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan peserta didik baru di PP Darul Huda Ponorogo.
Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjektif dari penelitian ini adalah pengurus PP Darul Huda dan petugas panitia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi metode dan sumber. Data dianalisis secara kualitatif dengan mengacu model interaktif Miles dan Huberman, yang meliputi pengumpulan data, reduksi, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut (1) Perencanaan pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan peserta didik baru di PP Darul Huda Ponorogo di antaranya menganalisis pasar dengan melihat keresahan masyarakat sekitar, mengklasifikasi minat masyarakat di dalam pendidikan, diferensiasi yakni ketertarikan masyarakat. (2) Pengorganisasian pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan peserta didik baru di PP Darul Huda Ponorogo di antaranya adanya rapat pembagian tugas dan koordinator bidang keuangan, pelimpahan wewenang tugas, dan koordinasi oleh anggota. (3) Pelaksanaan pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan peserta didik baru di PP Darul Huda Ponorogo di antaranya menawarkan dengan masyarakat dengan metode dilembaga,biaya standart, letak strategis, tenaga pendidik handal dan pengurus asarama, jaringan promosi yang luas, pelaksanaannya melibatkan pemimpin yayasan, lembaga madrasah, serta pengurus, dan disedikan fasilitas yang memadai. (4) Evaluasi pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan peserta didik baru di PP Darul Huda Ponorogo diantaranya adanya ketercapaian dengan melihat dari jumlah minat santri yang mendaftar, adanya permasalahan seperti SDM yang kurang memadai, sarana prasarana yang masih perlu ditambah, solusi yang didapatkan merekrut SDM yang memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fata Asrofi Yahya
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Dec 2023 01:32
Last Modified: 14 Dec 2023 01:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26704

Actions (login required)

View Item View Item