Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Di Tpq Darul Muta'alim Blabakan Mejyan Madiun

Lutfi'ah Faramida Arifin, Lutfi'ah Faramida Arifin (2023) Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Di Tpq Darul Muta'alim Blabakan Mejyan Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201180135 - LUTFI'AH FARAMIDA ARIFIN - PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

Arifin, Lufi’ah Faramida, 2023. Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Akhlak di TPQ Darul Muta’alim Blabakan Mejayan Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dedi Hasnawan, M.Pd
Kata Kunci: Internalisasi, Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak, TPQ Darul Muta’alim
Pendidikan akhlak adalah usaha sadar untuk membentuk sifat sifat yang baik pada diri seseorang serta melatuhnya untuk terus melakukan hal yang sama sehingga sifat sifat tersebut mengakar kuat dalam dirinya dan menjadi sebuah kebiasaan yang tercermin dalam tindakannya. Mendidik anak bukan lah sesuatu yang mudah. Di masa kini disekitar kita banyak sekali kita melihat perilaku anak yang tidak memiliki akhlak terpuji, seperti tidak patuh kepada oranf tua, guru, kurangnya sopan santun dan sebagainya. Penelitian ini membahas tentang internalisasi nilai-nilai pendidikan akhlak, TPQ Darul Muta’alim.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Proses internalisasi nilai-nilai pendidikan akhlak di TPQ Darul Muta’alim Blabakan Mejayan Madiun (2) Faktor hambatan internalisasi nilai-nilai pendidikan akhlak di TPQ Darul Muta’alim Blabakan Mejayan Madiun.
Penelitian dirancang dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif study kasus. Objek di TPQ Darul Muta’alim Blabakan Mejayan Madiun. Teknik mengambil data wawancara, obsevasi, dokumentasi. Tektik analisis data dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan akhlak yaitu akhlak kepada Allah SWT dengan cara huznudhon, ikhlas, jujur, sabar dan syukur serta berbuat baik kepada orang tua/guru, teman, sesama muslim. Berperilaku baik kepada diri sendiri dengan memenuhi segala kebutuhan dirinya sendiri, menghormati, menyayangi, dan menjaga dirinya dengan sebaik-baiknya dengan cara menjaga kesehatan rohan dan jasmani, : (1) sedangkan nilai-nilai internalisasi yag diterapkan di TPQ Darul Muta’alim dilakukan dengan cara tiga tahap yakni (1) tahap transformasi dengan cara menerapkan 4S (senyum, sapa, salam, salim) sebelum dan sesudah pembelajaran. (2) tahap transaksi dengan menerapkan ngaji syi’ir ngudi susilo dan belajar BTQ dengan metode Iqro’ jilid 1 sampai dengan 6. (3) tahap transinternalisasi dengan menerapkan sholat jamaah setap masuk waktu sholat ashar dan magrib.. (2) Hambatan dalam menginternalisasi nilai-nilai pendidikan akhlak di TPQ Darul Muta’alim berasal dari faktor lingkungan santri mulai dari orangtua, masyarakat dan pertemanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dedi Hasnawan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Dec 2023 01:28
Last Modified: 14 Dec 2023 01:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26697

Actions (login required)

View Item View Item