Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Di Tpq Darul Muta'ali Blabakan Mejayan Madiun

Lutfi'ah Faramida Arifin, Lutfi'ah Faramida Arifin (2023) Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Di Tpq Darul Muta'ali Blabakan Mejayan Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
201180135 - LUTFI'AH FARAMIDA ARIFIN - PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB)

Abstract

Arifin, Lufi’ah Faramida, 2023. Internalisasi Nilai-nilai
Pendidikan Akhlak di TPQ Darul Muta’alim
Blabakan Mejayan Madiun. Skripsi.Jurusan
Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Ponorogo. Pembimbing: Dedi Hasnawan, M.Pd
Kata Kunci: Internalisasi, Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak,
TPQ Darul Muta'alim
Pendidikan akhlak adalah usaha sadar untuk
membentuk sifat sifat yang baik pada diri seseorang serta melatuhnya untuk terus melakukan hal yang sama sehingga
sifat sifat tersebut mengakar kuat dalam dirinya dan menjadi
sebuah kebiasaan yang tercermin dalam tindakannya.
Mendidik anak bukan lah sesuatu yang mudah. Di masa kini
disekitar kita banyak sekali kita melihat perilaku anak yang
tidak memiliki akhlak terpuji, seperti tidak patuh kepada
orang tua, guru, kurangnya sopan santun dan sebagainya.
Penelitian ini membahas tentang internalisasi nilai-nilai
pendidikan akhlak, TPQ Darul Muta'alim.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Proses internalisasi
nilai-nilai pendidikan akhlak di TPQ Darul Muta'alim
Blabakan Mejayan Madiun (2) Faktor hambatan internalisasi nilai-nilai pendidikan akhlak di TPQ Darul Muta'alim
Blabakan Mejayan Madiun.
Penelitian dirancang dengan menggunakan
pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif study kasus. Objek di TPQ Darul Muta'alim Blabakan Mejayan
Madiun. Teknik mengambil data wawancara,obsevasi,dokumentasi. Tektik analisis data dilakukan dengan beberapa
tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian
data, serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai
pendidikan akhlak yaitu akhlak kepada Allah SWT dengan
cara huznudhon, ikhlas, jujur, sabar dan syukur serta berbuat
baik kepada orang tua/guru, teman, sesama muslim.
Berperilaku baik kepada diri sendiri dengan memenuhi segala
kebutuhan dirinya sendiri, menghormati, menyayangi, dan
menjaga dirinya dengan sebaik-baiknya dengan cara menjaga
kesehatan rohan dan jasmani, : (1) sedangkan nilai-nilai
internalisasi yag diterapkan di TPQ Darul Muta'alim
dilakukan dengan cara tiga tahap yakni (1) tahap transformasi
dengan cara menerapkan 4S (senyum, sapa, salam, salim)
sebelum dan sesudah pembelajaran. (2) tahap transaksi
dengan menerapkan ngaji syi’ir ngudi susilo dan belajar BTQ
dengan metode Iqro' jilid 1 sampai dengan 6. (3) tahap transinternalisasi dengan menerapkan sholat jamaah setap
masuk waktu sholat ashar dan magrib. (2) Hambatan dalam
menginternalisasi nilai-nilai pendidikan akhlak di TPQ Darul
Muta'alim berasal dari faktor lingkungan santri mulai dari
orangtua, masyarakat dan pertemanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dedi Hasnawan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Dec 2023 01:28
Last Modified: 14 Dec 2023 01:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26696

Actions (login required)

View Item View Item