Implementasi Pembelajaran Inkuiri Dengan Teknik Scaffolding Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas V Di MIN 3 Ponorogo

Prahesti, Yusan Amalia (2023) Implementasi Pembelajaran Inkuiri Dengan Teknik Scaffolding Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas V Di MIN 3 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
203190317 YUSAN AMALIA PRAHESTI PGMI..pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Prahesti, Yusan Amalia. 2023. Implementasi Pembelajaran Inkuiri dengan Teknik Scaffolding
untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas V di MIN 3 Ponorogo tahun
ajaran 2023/2024. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing,
Ayunda Riska Puspita, M.A.
Kata Kunci: Pembelajaran Inkuiri, Teknik Scaffolding, Ilmu Pengetahuan Alam,
Kemampuan Literasi Sains.
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan literasi Sains siswa kelas V di MIN
3 Ponorogo yang mengakibatkan siswa kesulitan memahami materi Ilmu Pengetahuan Alam
yang disampaikan guru. Hal ini disebabkan karena pembelajaran tidak dikemas dengan model
pembelajaran yang menarik sehingga ketika proses pembelajaran berlangsung sangat monoton
yaitu penyampaian materi menggunakan metode ceramah dan tidak mengaplikasikan model
pembelajaran yang sesuai. Melihat kenyataan tersebut, perlu adanya alternatif untuk menerapkan
model pembelajaran inkuiri dengan teknik scaffolding yang diharapkan dapat meningkatkan
kemampuan literasi Sains siswa. Dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri dengan teknik
scaffolding siswa dapat belajar untuk memecahkan masalahnya sendiri dengan diberikan bantuan
oleh guru selain itu dapat membentuk dan mengembangkan konsep diri siswa sehingga secara
psikologis siswa lebih terbuka terhadap pengalaman baru yang membuat siswa lebih antusias
belajar. Pada tahap ini peneliti melakukan observasi dan mengumpulkan data terkait dengan
penerapan model pembelajaran di MIN3 Ponorogo. Tujuan dilakukannya observasi untuk
memperoleh informasi mengenai penerapan model pembelajaran di MIN 3 Ponorogo.
Tujuan penelitian ini adalah pertama untuk menjelaskan implementasi penerapan model
pembelajaran inkuiri dengan teknik scaffolding untuk meningkatkan kemampuan literasi Sains
siswa kelas V di MIN 3 Ponorogo tahun ajaran 2023/ 2024. Kedua untuk menjelaskan
peningkatan kemampuan literasi Sains siswa kelas V MIN 3 Ponorogo setelah diterapkan model
pembelajaran inkuiri dengan teknik scaffolding tahun ajaran 2023/ 2024.
Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang berlangsung dua
siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek
penelitiannya adalah siswa kelas V Al- Majid MIN 3 Ponorogo yang berjumlah 25 siswa. Teknik
analisis data kualitatif berupa reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan,
sedangkan teknik analisis data kuantitafif dengan menggunakan statistiik sederhana dengan
menghitung rata-rata nilai siswa.
Berdasarkan analisis data ditemukan pengunaan penerapan model pembelajaran inkuiri
dengan teknik scaffolding pada mata pelajaran IPA materi siklus air pada siswa kelas V AlMajid MIN 3 Ponorogo cukup efektif. Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan dua siklus.
Kemampuan literasi Sains siswa mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan adanya
peningkatan pada siklus I siswa yang nilainya tuntas di atas KKM ada 64% dengan jumlah 16
siswa dan yang tidak tuntas atau di bawah KKM ada 34% atau 9 siswa dengan rata- rata nilai
82,8. Pada siklus II terjadi peningkatan presentase siswa yang mencapai nilai di atas KKM 100%
dengan jumlah 25 siswa dengan nilai rata-rata 89,12. Dari segi proses pembelajaran dikatakan
berhasil dan berkualitas apabila seluruhnya atau setidaknya 75% siswa terlibat aktif baik secara
fisik, mental maupun sosial dalam pembelajaran sedangkan dari hasil, pembelajaran dikatakan
berhasil apabila terjadi perubahan tingkah laku yang positif pada siswa seluruhnya atau
sekurang- kurangnya 75%. Pembelajaran dikatakan berhasil dilihat dari hasil kemampuan literasi
Sains siswa saat mengerjakan tes terkait dengan indikator literasi sains nilai minimal atau KKM
yang ditetapkan pada penelitian ini adalah 72. Jadi tindakan kelas berhenti apabila minimal 18
siswa mencapai nilai KKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ayunda Riska Puspita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Dec 2023 01:26
Last Modified: 14 Dec 2023 01:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26694

Actions (login required)

View Item View Item