Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Kelas V MIN 1 Ponorogo

Kusuma Rm, Bagu Sajiwa Sasra (2023) Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Kelas V MIN 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

This is the latest version of this item.

[img] Text
ETHESIS-BAGUS SAJIWA-203190130-PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kusuma Rm, Bagus Sajiwa Sasra. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Kelas V MIN 1 Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negri Ponorogo. Pembimbing Dr. Sugiyar, M.Pd.I

Kata Kunci : Make A Match, Keaktifan Belajar, IPA

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA, permasalahan ini dipengaruhi dari faktor utamanya guru belum menggunakan model pembelajaran yang sesuai sehingga berdampak pada keaktifan belajar siswa di kelas. Selain itu, kegiatan pembelajaran berpusat pada guru sehingga mengurangi partisipasi siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran berlangsung. Melihat kondisi seperti ini, apabila dibiarkan dan tidak dilakukan perbaikan maka akan berdampak terhadap kualitas belajar pada mata pelajaran IPA bagi siswa kelas V-A Ibnu Sahl MIN 1 Ponorogo. Maka dari itu, dengan adanya persoalan tersebut maka perlu diperbaiki diantaranya dengan penerapan model Make A Match yang diharapkan dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Karena model Make A Match dapat menciptakan interaksi yang menyenangkan, kerja sama dan komunikasi, penguatan pemahaman, serta mengurangi kebosanan dalam pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Make A Match meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pelajaran IPA kelas V MIN 1 Ponorogo, (2) mendeskripsikan keaktifan belajar siswa pada pelajaran IPA kelas V MIN 1 Ponorogo dengan model pembelajaran Make A Match.
Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dari Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat tahapan yang disusun dalam suatu sistem siklus yang saling terkait antara langkah satu dengan langkah berikutnya. Empat tahapan tersebut yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Keempat tahapan tersebut dilakukan dalam dua siklus penelitian, di mana tiap siklus difokuskan pada materi Cahaya dan Sifatnya dan Melihat Karena Cahaya mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ilmu Pengetahuan Alam. Hal ini dibuktikannya dari hasil pengamatan keaktifan siswa pada siklus I dan siklus II. Siklus I mendapatkan persentase rata-rata keaktifan belajar siswa sebesar 74,16% dan siklus II mendapatkan persentase rata-rata keaktifan belajar siswa sebesar 89,78%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V-A Ibnu Sahl Pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi cahaya dan sifatnya dan melihat karena cahaya di MIN 1 Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sugiyar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Dec 2023 01:37
Last Modified: 13 Dec 2023 01:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26685

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item