PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA JAWA SISWA KELAS IV SDN JORESAN PONOROGO

Rahayu, Eka Puji (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA JAWA SISWA KELAS IV SDN JORESAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
2031910140_EKAPUJIRAHAYU_PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa yang masih salah dalam berbicara Bahasa Jawa dengan teman sebaya dan juga dengan guru. Dalam penggunaan kosakata keseharian yang masih mencampuradukkan dengan kosa kata Bahasa Indonesia sehingga bahasa yang dicampur tidak sesuai dengan kaidah Bahasa Jawa. Rata-rata hasil belajar Bahasa Jawa siswa dalam materi berbicara Bahasa Jawa masih relatif rendah. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang masih konvensional yang kurang melibatkan aktivitas berbicara siswa. Oleh karena itu peneliti menerapkan model pembelajaran role playing dalam pembelajaran Bahasa Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan penerapan model pembelajaran role playing dalam mata pelajaran Bahasa Jawa siswa kelas IV SDN Joresan (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran role playing terhadap kemampuan berbicara Bahasa Jawa siswa kelas IV SDN Joresan.
Penelitian ini dilakukan di SDN Joresan dengan menggunakan metode kuantitatif model pre-eksperimen dengan design one group pretest posttest. Populasi penelitian sejumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes. Adapun teknik analisis yang digunakan yaitu uji paired t tes. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran role playing pada mata pelajaran Bahasa Jawa masuk dalam kategori baik ditunjukkan dengan siswa yang aktif dalam kegiatan pembelajaran, dan (2) kemampuan berbicara Bahasa Jawa siswa kelas IV SDN Joresan rata-rata mengalami peningkatan dari 25,5 menjadi 31,5.
Kata Kunci: Metode Role Playing dan Kemampuan Berbicara Bahasa Jawa

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Berlian Pancarrani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Dec 2023 04:36
Last Modified: 12 Dec 2023 04:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26667

Actions (login required)

View Item View Item