..(TAMBAHKAN ABSTRAK, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Sikap Percaya Diri terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V MI Al-Jihad Karanggebang Jetis Ponorogo

Ani, Wahyu Fiki Dwi (2023) ..(TAMBAHKAN ABSTRAK, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Sikap Percaya Diri terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V MI Al-Jihad Karanggebang Jetis Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190116_Wahyu Fiki Dwi Ani_Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fiki Dwi Ani, Wahyu. 2023. Pengaruh Sikap Percaya Diri terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V MI Al-Jihad Karanggebang, Jetis, Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Berlian Pancarrani, M.Pd.

Kata Kunci: sikap percaya diri, keterampilan berbicara.

Keterampilan berbicara pada dasarnya harus dimiliki oleh semua manusia, karena hampir semua kegiatan manusia selalu membutuhkan komunikasi, baik yang bersifat satu arah, dua arah (timbal balik) atau keduanya. Kemampuan berbicara mampu membentuk seseorang menjadi kreatif, dan mampu menciptakan ekspresi yang komuniktif, jelas, runtut, dan mudah dipahami. Kemampuan berbicara siswa kelas V MI Al-Jihad Karanggebang Jetis Ponorogo terlihat kurang takut, dan ragu ketika berbicara di depan kelas. Terkadang, siswa masih perlu dibujuk oleh guru. Guru berusaha keras mengambil hati siswa agar berani berbicara di depan kelas. Di samping itu, sebagian besar siswa mengaku merasa malu, kurang percaya diri ketika berbicara di depan kelas, beberapa di antaranya merasa grogi, takut salah dan ditertawakan teman–teman.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) sikap percaya diri siswa kelas V MI Al-Jihad Karanggebang Jetis Ponorogo, (2) keterampilan berbicara siswa kelas V MI Al-Jihad Karanggebang Jetis Ponorogo, dan (3) pengaruh sikap percaya diri terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V MI Al-Jihad Karanggebang Jetis Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V MI Al-Jihad Karanggebang berjumlah 53 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data untuk menjawab rumusan masalah menggunakan regresi linier sederhana.
Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa (1) Mayoritas sikap percaya diri siswa kelas V MI Al-Jihad Karanggebang, Jetis, Ponorogo masuk kategori sedang. Hal ini dapat dilihat dari jumlah frekuensi nilai dari sikap percaya diri siswa kelas V MI Al-Jihad Karanggebang Jetis Ponorogo bahwa nilai frekuensi terbanyak ada pada nilai 57-71 dimana keterangan dari kriteria dengan angka tersebut adalah sedang. (2) Mayoritas keterampilan berbicara siswa kelas V MI Al-Jihad Karanggebang Jetis, dapat dikatakan tinggi. Hal ini dapat dilihat dari nilai hitung frekuensi pendapatan jumlah nilai dari keterampilan berbicara siswa kelas V MI Al-Jihad Karanggebang, Jetis, Ponorogo bahwa nilai frekuensi terbanyak ada pada nilai 73-89 dengan kriteria tinggi. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara sikap percaya diri terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V MI Al-Jihad Karanggebang, Jetis, Ponorogo. Sikap percaya diri memberikan pengaruh sebesar 62% terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V MI Al-Jihad Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Berlian Pancarrani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Dec 2023 01:22
Last Modified: 12 Dec 2023 01:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26664

Actions (login required)

View Item View Item