..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMK PGRI 2 PONOROGO

Nisa', Azzulma Mahirotun (2023) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)..IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMK PGRI 2 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Nisa’, Azzulma Mahirotun. 2023. Implementasi Total Quality Management (TQM) dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMK PGRI 2 Ponorogo. Skripsi Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Muhammad Thoyib, M.Pd.

Kata Kunci: Total Quality Management, Mutu Pendidikan, SMK PGRI 2 Ponorogo.

Lembaga pendidikan memiliki peranan yang penting dalam meningkatkan mutu dan kualitas sumber daya manusia. Namun dengan seiring berkembangya teknologi informasi, persaingan yang semakin ketat di semua bidang, serta rendahnya tingkat pendidikan di Indonesia, membuat lembaga pendidikan perlu merencanakan langkah dan strategi yang efektif untuk menuntaskan masalah tersebut. Total quality manajement (TQM) memiliki peran yang signifikan dalam upaya meningatkan mutu pendidikan secara terus-menerus dan berkesinambungan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi total quality management melalui: (1). Perencanaan mutu; (2). Pelaksanaan mutu; dan (3). Pengendalian mutu dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMK PGRI 2 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus, dengan teknik pengumpulan data penelitian berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data wawancara dalam penelitian ini adalah wakil kepala sekolah bidang kurikulum, kesiswaan, sarana dan prasarana, koordinator ISO serta koordinator BKK. Teknik analisis data dalam penelitian dilakukan dengan Teknik analisis deskriptif. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi TQM dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMK PGRI 2 Ponorogo yaitu: (1). Perencanaan mutu dilakukan melalui analisis SWOT, pelibatan stakeholder dalam perencanaan mutu, penetapan tujuan dan sasaran, merumuskan statregi dan program kegiatan yang akan dilaksanakan, pendelegasian tugas dan tanggung jawab; (2). Pelaksanaan mutu diawali dengan sosialisasi program kegiatan, adanya peran pemimpin dalam mengarahkan dan menggerakkan bawahan, pelaksanaan strategi dan program kegiatan oleh semua warga sekolah; (3). Pengendalian mutu dilakukan melalui pengawasan dalam proses pelaksanaan mutu, melaksanakan audit oleh pihak internal maupun eksternal untuk menjamin mutu pendidikan, mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan mutu, melakukan evaluasi dan menjadikan hasil evaluasi sebagai dasar dalam merencanaan program kerja berikutnya agar mutu pendidikan semakin meningkat. Hasil pengendalian mutu dikatakan optimal. Dibuktikan dengan terlaksanaya program penjaminan mutu sesuai standar ISO 9001:2015, banyaknya prestasi yang diraih, dan terserapnya siswa di berbagai perusahaan ternama yang ada di dalam maupun luar negeri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Dec 2023 01:21
Last Modified: 12 Dec 2023 01:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26662

Actions (login required)

View Item View Item