..(PERBAIKI LAYOUT LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DAN GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..ran Pelatih Pencak dalam Menanamkan Rasa Persaudaraan Siswa di PSHT Rayon Singosaren Kec Jenangan Kab Ponorogo

Setiyowati, Titis (2023) ..(PERBAIKI LAYOUT LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DAN GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..ran Pelatih Pencak dalam Menanamkan Rasa Persaudaraan Siswa di PSHT Rayon Singosaren Kec Jenangan Kab Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190278_Titis Setiyowati_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Setiyowati, Titis. 2023. Peran Pelatih Pencak Silat dalam Menanamkan Rasa Persaudaraan Siswa di PSHT Rayon Singosaren Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. M. Miftahul Ulum, M. Ag.

Kata Kunci: Peran Pelatih, Pencak Silat, Rasa Persaudaraan

Saat ini banyak siswa yang akhlak dan karakternya masih kurang, seperti rasa persaudaraan sesama manusia yang kurang baik. Banyak oknum yang mencoret nama baik pencak silat dengan melakukan hal-hal yang tercela seperti tawuran, konvoi dijalan, yang meresahkan Masyarakat. Hal tersebut diakibatkan oleh minimnya penanaman Pendidikan akhlak atau perilaku terpuji yang kokoh dalam diri siswa. Pendidikan ukhuwah ialah fasilitas yang berperan dalam menghasilkan manusia yang bermutu serta berpotensi.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menjelaskan tentang peran pelatih pencak silat sebagi pendidik dalam menanamkan rasa persaudaraan di PSHT Rayon Singosaren Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo (2) Menjelaskan peran pelatih pencak silat sebagai fasilitator dalam menanamkan rasa persaudaraan di PSHT Rayon Singosaren Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo.
Adapun penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Sedangkan metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Teknik analisis data interaktif yang dicetuskan oleh Miles, Huberman, dan Saldana yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini diantaranya perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Peran pelatih sebagai pendidik dalam menanamkan rasa persaudaraan siswa dengan menggunakan 4 metode ajaran dari PSHT itu sendiri meliputi: Metode Wejangan, Metode Pemberian Hukuman, Metode Pemberian Tugas dan Metode Pengawasan. Dengan menciptakan hubungan persaudaraan sesama manusia yang harmonis, karena tujuan dari ukhuwah merupakan membangun kerukunan antar sesama umat. Dengan begitu pelatih memberikan beberapa metode kepada siswanya untuk mendidik dalam hal menanamkan rasa persaudaraan/Perseduluran. (2) Peran pelatih sebagai fasilitator dalam menanamkan rasa persaudaraan siswa yaitu dengan memberikan bimbingan dan arahan secara khusus tentunya dengan menggunakan dasar-dasar yang diajarkan oleh PSHT. Terdapat 5 dasar atau sering disebut panca dasar PSHT meliputi: Persaudaraan, Olahraga, Bela diri, Kesenian, dan Kerohanian. Sedangkan dalam hal profesionalitaf, pelatih juga mengajarkan Latihan fisik, Latihan teknik seperti TC serta menyiapkan alat-alat yang digunakan untuk kegiatan TC/Bertanding. Pelatih menunjukkan semuanya yang diajarkan kepada siswa sama sekali tidak memungut biaya apapun dari siswanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Dec 2023 01:16
Last Modified: 12 Dec 2023 01:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26652

Actions (login required)

View Item View Item