EKSPLORASI FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT GURU DALAM MENGATASI DISGRAFIA MELALUI PEMBELAJARAN SOSIAL DI SDN JORESAN PONOROGO

Hidayati, Risqi Nurul (2023) EKSPLORASI FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT GURU DALAM MENGATASI DISGRAFIA MELALUI PEMBELAJARAN SOSIAL DI SDN JORESAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

This is the latest version of this item.

[img] Text
210617115_RISQI NURUL HIDAYATI_PGMI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kesulitan belajar menulis adalah kondisi proses belajar yang ditandai dengan adanya hambatan-hambatan untuk mencapai hasil belajar. Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar menulis dalam penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam belajar yang berasal dari dalam diri siswa. Di SDN Joresan Ponorogo terdapat siswa yang memiliki kesulitan belajar menulis atau disgrafia yang perlu perhatian dari berbagai aspek. Keadaan siswa disgrafia kurang mampu menghadapi tuntutan-tuntutan yang harus dilakukan dalam proses pembelajaran sehingga proses dan hasilnya kurang memuaskan. Dalam mengatasi disgrafia upaya guru yang dilaksanakan dengan Pembelajaran Sosial yaitu menggugah perasaan siswa sehingga mampu menghayati dan meresapi pelajaran serta pendekatan interaksi kepada teman.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengeksplorasi faktor pendukung guru dalam mengatasi disgrafia melalui pembelajaran sosial 2) mengekplorasi faktor penghambat guru dalam mengatasi disgrafia melalui pembelajaran sosial.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekataan deskriptif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara dan observasi. Sedangkan teknik yang dipilih dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini menyimpulkan:(1) faktor pendukung guru dalam mengatasi disgrafia pada siswa kelas kelas IV di SD meliputi guru sebagai pendidik dengan memberi jam tambahan belajar khusus untuk siswa yang mengalami disgrafia, guru sebagai pembimbing dilakukan dengan memberi bimbingan secara individu maupun kelompok, guru memberi motivasi dan perhatian khusus kepada anak yang mengalami disgrafia, Siswa yang berada di lingkungan yang kondusif akan memberikan dampak positif bagi siswa lainnya. Tersedianya sarana dan sarana prasarana, lingkungan sekolah yang kondusif, (2) faktor penghambat guru dalam mengatasi disgrafia pada siswa kelas kelas IV di SD meliputi perhartian guru yang terbatas di lingkungan sekolah, siswa yang kurang minat terhadap mata pelajaran menulis dan rendahnya motivasi belajar siswa dalam mengikuti pelajaran menulis, dan pemanfaatan sarana dan sarana prasarana yang kurang tepat pengunaan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Weni Tria Anugrah Putri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Dec 2023 01:10
Last Modified: 12 Dec 2023 01:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26648

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item