Pengaruh Penggunaan gadget dengan Kedisiplinan dan Moralitas Siswa di SMPN 4 Ponorogo

Wahyu, Tri (2023) Pengaruh Penggunaan gadget dengan Kedisiplinan dan Moralitas Siswa di SMPN 4 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190175_Tri Wahyu_Skripsi Perpustakaan.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Wahyu, Tri. 2023. Pengaruh Penggunaan Gadget Dengan Kedisiplinan dan Moralitas Siswa di SMPN 4 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK), Institut Agama Islam Negri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Panggih wahyu Nugroho. M.Pd.
Kata kunci: Prnggunaan Gadget, Kedisiplinan, Moralitas Siswa.
Penggunaan Gadget adalah suatu perangkat atau alat elektronik yang digunakan manusia, karena Gadget sendiri memiliki banyak fungsi dapat dibawa kemana-mana dan sangat mempermudah siswa SMPN 4 Ponorogo . Kedisiplinan adalah kepatuhan pada peraturan, tata tertib, dan kesadaran yang ada didalam hati setiap individu siswa SMPN 4 Ponorogo. Moralitas adalah ajaran baik atau buruk yang setiap peserta didik dapatkan, karena itu perlunya siswa SMPN 4 Ponorog menanamkan perbutan baik, sikap, ahlak dan budi pekerti. Di era globalisasi ini banyak anak yang terpengaruh dengan kemajuan teknologi, salah satunya teknologi yang di gemari siswa-siswa adalah Gadget. Gadget mempunyai daya tarik untuk siswa dimana Gadget dapat digunakan untuk mengisi berbagai macam aplikasi dan dapat membantu memudahkan siswa berkomunikasi dengan teman lain saat mengerjakan pekerjaan kelompok, dan membantu siswa mendapatkan wawasan yang luas. Namun menggunakan Gadget secara berbelebihan pada siswa dapat mempengaruhi kedisiplinan dan mengganggu moralitas siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan Gadget dengan kedisiplinan dan moralitas siswa di SMPN 4 Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh penggunaan Gadget dengan kedisiplinan siswa SMPN 4 Ponorogo. (2) mengetahui pengaruh penggunaan Gadget dengan moralitas siswa SMPN 4 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan prndekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 134 siswa kelas VIII SMPN 4 Ponorogo, besar sampel yang digunakan sejumlah 70 responden. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Uji statistic yang digunakan dalam penelitian ini adalah Somer’D dengan α 0,05.
Berdasarkan dari analisis data ditemukan bahwa (1) penggunaan Gadget memiliki pengaruh secara signifikan dengan kedisiplinan siswa di SMPN 4 Ponorogo dengan prosentase sebanyak 53,1%. (2) Penggunaan Gadget memiliki pengaruh secara signifikan dengan moralitas siswa di SMPN 4 Ponorogo dengan prosentase sebanyak 40,3%. Hasil analisis Somer’D diperoleh p valie = 0,000 < α = 0,05 artinya ada pengaruh antara penggunaan Gadget dengan kedisiplinan dan moralitas siswa di SMPN 4 Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Panggih Wahyu Nugroho
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Dec 2023 01:29
Last Modified: 11 Dec 2023 01:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26642

Actions (login required)

View Item View Item