Penggunaan Metode Presentasi dalam Mengembangkan Keaktifan dan Pemahaman Peserta Didik dalam Pembelajaran PAI Kelas XII di SMA Negeri 1 Wungu

Muslim, Adi Ikhwanul (2023) Penggunaan Metode Presentasi dalam Mengembangkan Keaktifan dan Pemahaman Peserta Didik dalam Pembelajaran PAI Kelas XII di SMA Negeri 1 Wungu. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190307_Adi Ikhwanul Muslim_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (2MB)

Abstract

Muslim, Adi Ikhwanul. 2023. Penggunaan Metode Presentasi dalam Mengembangkan Keaktifan dan Pemahaman Peserta Didik dalam Pembelajaran PAI Kelas XII di SMA Negeri 1 Wungu. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Mukhlison Effendi, M.Ag.

Kata Kunci: Metode Presentasi, Keaktifan dan Pemahaman Peserta Didik, Pembelajaran PAI

Dalam proses pembelajaran terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tercapainya tujuan pembelajaran diantaranya adalah keaktifan dan pemahaman siswa. Keaktifan dan pemahaman bukanlah sesuatu yang dapat dibentuk secara instan, namun perlu proses secara berkelanjutan. Apabila partisipsi aktif peserta didik berkembang dengan baik maka pemahaman peserta didik dalam pembelajaran juga akan ikut berkembang. Penelitian ini dilatarbelakangi masih banyaknya peserta didik yang kurang percaya diri dan malu ketika berbicara di depan kelas. Selain itu penelitian ini juga untuk mengetahui bagaimana penerapan metode presentasi dapat mengembangkan keaktifan dan pemahaman peserta didik di SMA Negeri 1 Wungu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami: 1) penggunaan metode presentasi dalam mengembangkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran PAI; 2) penggunaan metode presentasi dalam mengembangkan pemahaman peserta didik dalam proses pembelajaran PAI; 3) hasil penggunaan metode presentasi dalam mengembangkan keaktifan dan pemahaman peserta didik dalam proses pembelajaran PAI di Kelas XII di SMA Negeri 1 Wungu.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan kualitatif lapangan bersifat deskriptif, yaitu mengadakan deskripsi untuk memberi gambaran yang lebih jelas tentang situasi sosial studi kasus yang mengkaji satu kesatuan atau fenomena (kasus) dari suatu periode dan kegiatan tertentu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan data dilakukan melalui triangulasi dan perpanjangan pengamatan.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa: 1) penggunaan metode presentasi dapat mengembangkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran PAI di kela XII IPA 2 SMA Negeri 1 Wungu sehingga peserta didik dapat mengembangkan kemampuan berbicara, meyakinkan audiens, menyentuh emosi dan memotivasi audiens. 2) penggunaan metode presentasi dapat mengembangkan pemahaman peserta didik dalam pembelajaran PAI di kela XII IPA 2 SMA Negeri 1 Wungu sehingga siswa dapat mempresentasikan kembali hasil belajar yang diterima, mencari materi yang relevan, pembelajaran menjadi multiliterasi dan mengembangkan penyampaian informasi sebagai wawasan audiens 3) implikasi penggunaan metode presentasi dalam pembelajaran PAI di kelas XII IPA 2 SMA Negeri 1 Wungu terbukti dapat mengembangkan keaktifan dan pemahaman peserta didik. Dengan demikian maka pembelajaran menjadi lebih efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Dec 2023 01:28
Last Modified: 11 Dec 2023 01:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26641

Actions (login required)

View Item View Item