Peran Pondok Pesantren dalam Membentuk Etika Santri di Islamic Boarding School Al-Qolam Magetan

Akbar, Adil Gumelar (2023) Peran Pondok Pesantren dalam Membentuk Etika Santri di Islamic Boarding School Al-Qolam Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190308_Adil Gumelar Akbar_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (3MB)

Abstract

Akbar, Adil Gumelar. 2023. Peran Pondok Pesantren dalam Membentuk Etika Santri di Islamic Boarding School Al-Qolam Magetan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Mukhlison Effendi, M.Ag.

Kata Kunci: Etika santri, Peran Pondok Pesantren, Islamic Boarding School

Pendidikan etika menjadi persoalan yang pembahasannya masih terus hangat hingga saat ini, mengingat banyaknya etika remaja yang mengesampingkan nilai etika dalam kehidupannya. Sehingga pembentukan etika perlu digalakkan lebih gencar untuk membangun peradapan manusia yang berkualitas. Pembentukan etika juga dipengaruhi oleh lingkungan yang membentuk diri anak. Oleh sebab itulah, masyarakat percaya memasukkan anak-anaknya ke pondok pesantren untuk mengenyam pendidikan agama termasuk etika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti untuk mengetahui bagaimana etika santri di Islamic Boarding School Al-Qolam Magetan melalui peran pondok pesantren.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mendeskripsikan peran pondok pesantren dalam membentuk etika santri terhadap guru; (2) untuk memahami peran pondok pesantren dalam pembentukan etika santri terhadap dirinya sendiri; dan (3) untuk mengetahui peran pondok pesantren dalam membentuk etika santri terhadap orang lain.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus yang mengkaji satu kesatuan atau fenomena (kasus) dari suatu periode dan kegiatan tertentu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dilakukan melalui kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa: (1) peran pondok pesatren dalam membentuk etika santri di Islamic Boarding School Al-Qolam Magetan pada guru melalui memberikan pengajaran mengenai etika; memberikan keteladanan untuk dicontoh; serta merancang peraturan. (2) peran pondok pesatren dalam membentuk etika santri di Islamic Boarding School Al-Qolam Magetan pada diri sendiri melalui penerapan peraturan di lingkungan pesantren dan pembiasaan oleh pihak pengurus pesanteren kepada seluruh santri. (3) peran pondok pesatren dalam membentuk etika santri di Islamic Boarding School Al-Qolam Magetan pada orang lain adalah melalui praktik secara langsung. Pembentukan etika santri melalui peran pondok pesantren ini telah sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh Azyumardi Azra bahwa pondok pesantren memiliki peran besar kaitannya dengan membentuk etika santri, yaitu: tranmisi ilmu pengetahuan Islam, memelihara tradisi Islam, dan pembinaan calon ulama dengan berdakwah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Dec 2023 01:27
Last Modified: 11 Dec 2023 01:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26640

Actions (login required)

View Item View Item