..(UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG)..Implementasi Model Pembelajaran Konstruktivisme Tipe Novick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII C Pada Materi Perkembangan Kebudayaan Islam Dinasti Bani Umayyah di MTs Al-Islam Joresan Ponorogo Tahun Ajaran 2022/2023

Apriliani, Erwin (2023) ..(UBAH FILE KE PDF, UPLOAD ULANG)..Implementasi Model Pembelajaran Konstruktivisme Tipe Novick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII C Pada Materi Perkembangan Kebudayaan Islam Dinasti Bani Umayyah di MTs Al-Islam Joresan Ponorogo Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190356_ERWIN APRILIANI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.docx

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh metode pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam mengajar kurang bervariasi yang hanya berorientasi pada penguasaan materi, pemberian catatan dan penugasan. Sehingga siswa kurang berminat dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang memuaskan.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam menggunakan model pembelajaran Konstruktivisme Tipe Novick pada siswa kelas VII C di MTs Al-Islam Joresan. Jenis penelitian yang digunakan ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan menerapkan prosedur PTK yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart terdiri dari 4 tahapan yaitu, tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi.
Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan siswa kelas VII C yang berjumlah 28 siswa, 13 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan model analisa kualitatif yakni model analisis interaktif Miles dan Huberman serta analisis kuantitatif.
Kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model konstruktivisme tipe novick berjalan dengan baik. Dimana pada siklus I dan siklus II menunjukkan kemajuan yang signifikan. Siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran, memahami materi secara mendalam dan mendapatkan nilai tes yang memuaskan. Adapun hasil analisis data menunjukan terjadi peningkatan hasil belajar siswa dimana pada siklus I pada aspek rata-rata nilai siswa sebesar 72,14% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 83,39%. Sedangkan untuk rata-rata siswa yang tuntas pada siklus I sebesar 55,35% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 85,7%. Sehingga pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan yaitu 80%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Syaiful Arif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Dec 2023 01:33
Last Modified: 13 Dec 2023 01:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26637

Actions (login required)

View Item View Item