KONSEP ADAB PERGAULAN DALAM KITAB TAISIR AL-KHALLAQ KARYA HAFIDZ HASAN AL-MAS'UDI DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBENTUKAN MORALITAS GENERASI Z

Rosyida, Rosyida (2023) KONSEP ADAB PERGAULAN DALAM KITAB TAISIR AL-KHALLAQ KARYA HAFIDZ HASAN AL-MAS'UDI DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBENTUKAN MORALITAS GENERASI Z. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI ROSYIDA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Rosyida. 2023. Konsep Adab Pergaulan Dalam Kitab Taisi<r Al-Khalla<q Karya Hafidz Hasan Al-Mas'udi Dan Relevansinya Terhadap Pembentukan Moralitas Generasi Z. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Mughniatul Ilma, M.H.
Kata Kunci: Konsep Adab Pergaulan, Kitab Taisi<r Al-Khalla<q, Moralitas Generasi Z
Pesatnya perkembangan teknologi dan informasi menjadi problematika baru. Ketidakbijakan masyarakat khususnya generasi Z terhadap arus perkembangan tersebut menimbulkan nilai moralitas menurun seperti bullying, pergaulan bebas, pencurian, tawuran, miras dan narkoba, social media anxiety sampai pada kasus kematian akibat kekerasan. Hal tersebut merupakan gejala dari dekadensi moral yang banyak menyelimuti kalangan generasi Z di Indonesia. Guna menanggulangi permasalahan tersebut harus memiliki adab mu’asyarah atau yang sering disebut dengan adab pergaulan. Setiap individu harus dibekali pemahaman mengenai adab mu’asyarah atau bergaul dalam Islam, supaya pergaulan itu memberikan kebaikan bagi dirinya. Salah satunya adalah dengan mempelajari adab pergaulan yang telah disebutkan dalam kitab Taisi<r Al-Khalla<q karya Syekh Hafidz Hasan Al-Mas’udi. Adab pergaulan yang sudah dipelajari harus bisa ditanamkan dalam kehidupan sehingga mampu membentuk moralitas generasi Z.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konsep adab pergaulan dalam kitab Taisi<r Al-Khalla<q karya Syekh Hafidz Hasan Al-Mas’udi, dan menjelaskan relevansi konsep adab pergaulan dalam kitab Taisi<r Al-Khalla<q karya Syekh Hafidz Hasan Al-Mas’udi terhadap pembentukan moralitas generasi Z.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini dilaksanakan dengan bertumpu pada data-data kepustakaan, yaitu mengkaji kitab Taisi<r Al-Khalla<q karya Syekh Hafidz Hasan Al-Mas’udi kemudian di analisis dengan menggunakan metode content analisis yaitu suatu metode yang menggunakan teknik sistematik untuk menganalisis isi pesan dan mengolah pesan. Sehingga memperoleh gambaran atau kesimpulan yang jelas mengenai isi materi kajian yang telah ditentukan.
Adapun hasil analisis data ditemukan bahwa (1) konsep adab pergaulan yang terkandung dalam kitab Taisi<r Al-Khalla<q karya Syekh Hafidz Hasan Al-Mas’udi, yaitu: a. Berwajah manis; b. Lemah lembut; c. Mendengar pembicaraan teman; d. Sopan tanpa sombong; e. Diam saat bercanda; f. Memaafkan kesalahan; g. Berlapang dada; h. Menolong teman; i. Tidak berbangga dengan kemegahan dan kekayaan.(2) terdapat relevansi antara konsep adab pergaulan dalam kitab Taisi<r Al-Khalla<q karya Syekh Hafidz Hasan Al-Mas’udi terhadap pembentukan moralitas generasi Z. Adapun nilai moralitas generasi Z yang relevan dengan konsep adab pergaulan dalam kitab Taisi<r Al-Khalla<q yaitu menghormati orang lain, kepedulian sosial, kontrol diri, dan tanggung jawab. Dengan demikian, Syekh Hafidz Hasan Al-Mas’udi memberikan petunjuk bagaimana adab yang seharusnya dimiliki oleh seseorang ketika bergaul dengan orang lain dan menjauhi perilaku yang tercela yang telah disebutkan dalam kitab Taisi<r Al-Khalla<q .

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mughniatul Ilma
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Dec 2023 01:25
Last Modified: 11 Dec 2023 01:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26633

Actions (login required)

View Item View Item