Kemampuan Peserta Didik Kelas V Ibnu Sahl dalam Menemukan Unsur Pembangun Cerita Legenda “Asal Usul Reyog Ponorogo” di MIN 1 Ponorogo

Hanifah, Tasya (2023) Kemampuan Peserta Didik Kelas V Ibnu Sahl dalam Menemukan Unsur Pembangun Cerita Legenda “Asal Usul Reyog Ponorogo” di MIN 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190112_TASYA HANIFAH_PGMI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hanifah, Tasya. 2023. Kemampuan Peserta Didik Kelas V Ibnu Sahl dalam Menemukan Unsur Pembangun Cerita Legenda “Asal Usul Reyog Ponorogo” di MIN 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Berlian Pancarrani, M.Pd.

Kata Kunci: Kemampuan, Unsur Pembangun, Cerita Legenda.

Mendalami karya sastra dalam pembelajaran bahasa Indonesia perlu memperhatikan unsur-unsur yang terdapat di dalamnya untuk menemukan nilai-nilai dan fungsi pendidikannya. Suatu karya sastra berupa cerita memiliki dua unsur pembangun, yaitu unsur ekstrinsik dan unsur intrinsik. Namun demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa mata pelajaran bahasa Indonesia masih merupakan pelajaran yang dianggap membosankan dan sering menimbulkan masalah dalam belajar, seperti melakukan kesalahan dalam menafsirkan karya sastra berupa cerita atau prosa yang sering ditemukan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini tentunya menimbulkan kesenjangan yang cukup besar antara apa yang diharapkan dari pembelajaran bahasa Indonesia dengan kenyataan yang terjadi di lapangan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kemampuan peserta didik kelas V Ibnu Sahl dalam menemukan unsur pembangun pada cerita legenda “Asal Usul Reyog Ponorogo” di MIN 1 Ponorogo, (2) faktor yang mempengaruhi kemampuan peserta didik dalam menemukan unsur pembangun pada cerita legenda “Asal Usul Reyog Ponorogo” di MIN 1 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 1 Ponorogo, dengan informan yang terdiri dari 26 peserta didik kelas V MIN 1 Ponorogo. Pengambilan data dilakukan melalui tes, wawancara, angket, dan dokumentasi. Partisipan penelitian dari peserta didik kelas V Ibnu Sahl, dan guru wali kelas V Ibnu Sahl di MIN 1 Ponorogo. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan model analisis Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuan peserta didik kelas V Ibnu Sahl dalam menemukan unsur pembangun cerita tergolong kurang mampu. Hal ini dibuktikan dengan tingkat kemampuan peserta didik dengan kategori rendah dan sedang lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang berkategori kemampuan tinggi. Adapun faktor internal yang berasal dari diri peserta didik yaitu sebagian peserta didik kurang berminat dalam mengikuti pembelajaran bahasa Indonesia, peserta didik seringkali tidak fokus dalam mengikuti pembelajaran, peserta didik masih kurang dalam memahami isi yang terkandung dalam setiap bacaan yang dibaca. Selain itu, faktor eksternal yang berasal dari luar peserta didik yaitu kurangnya kreativitas guru wali kelasnya dalam proses pembelajaran berlangsung, sehingga membuat peserta didik jenuh dan kurang senang mengikuti proses pembelajaran Bahasa Indonesia, kemudian metode yang digunakan guru juga tidak bervariasi dan kurang menarik bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Berlian Pancarrani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Dec 2023 01:17
Last Modified: 11 Dec 2023 01:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26626

Actions (login required)

View Item View Item