..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..MODEL PENGEMBANGAN KARIR TENAGA PENDIDIK DI PESANTREN PUTRI AL-MAWADDAH COPER JETIS PONOROGO

FITHROTUN NISA, IHDA A'YUNIL LAILA (2023) ..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..MODEL PENGEMBANGAN KARIR TENAGA PENDIDIK DI PESANTREN PUTRI AL-MAWADDAH COPER JETIS PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK

Fithrotun Nisa, Ihda A’yunil Laila, Model Pengembangan Karir Tenaga Pendidik Di Pesantren Putri Al-Mawaddah Coper, Jetis, Ponorogo. SKRIPSI. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Athok Fuadi, M.Pd.

Kata Kunci: Model, Karir

Model pengembangan karir yaitu suatu usaha dalam meningkatkan kapabilitas dan kemampuan baik itu teknis, teoritis, moral, sampai konseptual sesuai dengan urgensi pada tiap-tiap pekerjaan dengan beberapa cara seperti pendidikan dan latihan. Pengembangan karir sendiri memiliki berbagai konsep dan cara yang variatif. Pengembangan karir terbilang penting bagi setiap lembaga karena dapat meningkatkan kinerja dan daya produksi bagi setiap pekerja.
Penelitian ini bertujan untuk (1) Mengetahui bagaimana pengembangan karir tenaga pendidik yang ada di Pesantren Putri Al-Mawaddah (2) Mengetahui bagaimana jalur karir tenaga pendidik di Pesantren Putri Al-Mawaddah (3) Mengetahui teknik pengembangan karir tenaga pendidik di Pesantren Putri Al-Mawaddah
Guna menjawab pertanyaan diatas peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dimana pendekatan ini menyajikan gambaran fenomena yang ada secara murni dan positif, mengingat Pesantren Putri Al-Mawaddah adalah Pesantren Khusus Putri pertama yang didirikan di Indonesia. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data sesuai dengan tema, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data.
Dari penelitian ini dapat di ambil kesimpulan, bahwa: (1) Pengembangan karir di pesantren ini menggunakan hukum Ilmu Barokatologi yang ditanamkan oleh Pendiri Pesantren sejak awal didirikannya pesantren tersebut. Pesantren ini tidak memberatkan model pengembangan karir pada tenaga pendidiknya, namun menitik beratkan pada Ustadzah pengabdian untuk dibentuk menjadi tenaga pendidik bahkan kependidikan sebagai penerus (2) Jalur karir yang diterapkan didalamnya yaitu sistem kaderasasi yang sudah dimulai sejak 1997, sebab diadakannya sistem kaderisasi yaitu karena dimulainya dua kurikulum pendidikan yaitu KMI Gontor dan Kemenag, mengenai pelaksanaan sistem kaderisasi langsung ditindak oleh Ibu Pengasuh Pesantren namun hanya berjalan satu tahun putaran, setelah itu Pesantren menggunakan sistem rekrutmen dalam penambahan tenaga pendidik khususnya untuk mata pelajaran umum (3) Teknik pengembangan karir di Pesantren ini yaitu diterapkan pada jenjang guru pengabdian. Pada saat ini bentuk kegiatan yang dijalankan guna meningkatkan pengembangan karir ustadzah pengabdian ada 3 yaitu, Up Grading dengan Metode Peer Teaching, KKG, dan Pengajuan I’dad atau Ta’hilul Maddah, melalui beberapa kegiatan tersebut ustadzah pengabdian dididik untuk dapat meneruskan kegiatan belajar mengajar dengan baik tanpa menghilangkan nilai-nilai penting dalam pengajaran baik mata pelajaran pondok ataupun umum.
Mengenai pengembangan karir, ustadzah pengabdian di Pesantren ini tidak hanya diajarkan untuk menjadi tenaga pendidik saja, namun juga sebagai pelaksana dalam setiap kegiatan kepesantrenan. Berkaitan dengan kegiatan yang diadakan khusus untuk meningkatkan kinerja belajar mengajar ustadzah pengabdian, pesantren khusus putri ini pun juga menerapkan sistem pembelajaran terbimbing pada setiap kegiatan kepesantrenan seperti segala jenis kepanitiaan dan pemberian suatu amanah untuk menjadi bagian dalam menjalankan sistem pendidikan dan kependidikan pesantren. Diantara kegiatan pembelajaran terbimbing seperti, diadakannya kegiatan Sidang Koordinasi dan Job Checking pada setiap kepanitiaan dan pengadaan Job Description untuk setiap bagian dalam tugas ustadzah pengabdian, hal ini langsung dituntun dan diawasi oleh Ibu Pengasuh Pesantren Putri Al-Mawaddah. Dalam pengawasan berjalannya kegiatan pengembangan karir pada ustadzah pengabdian pimpinan pesantren mengadakan kumpul rutin setiap weekend dalam rangka evaluasi kegiatan per satu minggu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dr. Athok Fuadi, M.Pd
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Dec 2023 01:17
Last Modified: 11 Dec 2023 01:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26624

Actions (login required)

View Item View Item