..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..PENERAPAN FINGER PAINTING UNTUK MELATIH KREATIVITAS PADA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DI RA MUSLIMAT NU 094 SOOKO KECAMATAN SOOKO PONOROGO

Khusna, Binti Sa'idatul (2023) ..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..PENERAPAN FINGER PAINTING UNTUK MELATIH KREATIVITAS PADA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DI RA MUSLIMAT NU 094 SOOKO KECAMATAN SOOKO PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

Full text not available from this repository.

Abstract

Finger painting merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan ekspresi melalui media lukis dengan gerakan tangan, mengembangkan fantasi, imajinasi dan kreasi, melatih otot-otot jari (motorik halus), koordinasi otot dan mata, melatih kecakapan mengkombinasikan warna, memupuk perasaan terhadap gerakan tangan, dan memupuk perasaan keindahan. Kreativitas merupakan suatu aktivitas dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu atau kombinasi baru berdasarkan unsur-unsur yang telah ada sebelumnya menjadi sesuatu yang berarti dan bermanfaat. Kreativitas pada anak usia dini tententunya perlu adanya stimulus dengan menyediakan permainan, sarana ataupun media yang dapat membantu merangsang kreativitasnya, dengan adanya permainan yang menstimulus perkembangan kreativitas anak sangat di perlukan untuk mendapatkan hasil dan tujuan yang akan di capai dengan maksimal.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan finger painting pada anak usia 5 – 6 tahun di RA Muslimat NU 094 Sooko Ponorogo, (2) mendeskripsikan pengaruh finger painting dalam melatih kreativitas anak usia 5 – 6 tahun di RA Muslimat NU 094 Sooko Ponorogo.
Untuk mendeskripsikan pernyataan di atas penelitian ini di rancang dengan rancangan deskriptif dan dilaksanakan di RA Muslimat NU 094 Sooko Ponorogo. Sumber data dari penelitian ini adalah seorang guru kelas dari kelompok B RA Muslimat NU 094 Sooko Ponorogo. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu: reduksi data dengan merangkum/meringkas data dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi: penyajian data dalam bentuk teks naratif; dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Penerapan kegiatan finger painting di RA Muslimat NU 094 Sooko diterapkan setiap dua minggu sekali sesuai dengan tema pembelajran, kegiatan finger painting yang diterapkan adalah kegiatan mengecap jari tangan membentuk sebuah bentuk atau hewan, dan membuat karya dengan mengecap menggunakan satu jari tangan. Proses kegiatan finger painting diawali dengan persiapan alat dan bahan dan pembagian kelompok, penjelasan kegiatan, proses kegiatan dan penilaian. (2) Keterkaitan kegiatan finger painting dalam melatih kreativitas anak usia 5 – 6 tahun di RA Muslimat NU 094 Sooko adalah anak dapat berimajinasi dalam berkarya, anak bebas mengekspresikan diri mereka sendiri dalam bentuk karya melalui kegitan finger painting.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tirta Dimas Wahyu Negara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Dec 2023 08:15
Last Modified: 08 Dec 2023 08:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26622

Actions (login required)

View Item View Item