Penerapan Role Playing pada Materi Cerita Fiksi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dalam Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas V MIN 1 Ponorogo

Al-Afiah, Aswatin Kasanah (2023) Penerapan Role Playing pada Materi Cerita Fiksi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dalam Upaya Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas V MIN 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190017_Aswatin Kasanah Al-Afiah_PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurangnya keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini karena guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional. Akibatnya, guru kurang mendorong keterlibatan aktif peserta didik dalam proses pembelajaran serta kurang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengekspresikan pemahaman dan keterampilan mereka secara efektif. Maka dari itu, dengan adanya persoalan ini perlu diperbaiki di antaranya dengan menerapkan model role playing yang diharapkan dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan role playing pada materi cerita fiksi mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam upaya peningkatan keaktifan belajar peserta didik kelas V MIN 1 Ponorogo, (2) mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar peserta didik kelas V MIN 1 Ponorogo dengan model pembelajaran role playing.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri atas tiga siklus, dan setiap siklusnya terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah dari 24 peserta didik kelas V Salahudin Al-Ayubi MIN 1 Ponorogo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model role playing dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada mata pada materi cerita fiksi mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan keaktifan belajar peserta didik pada siklus I, siklus II dan siklus III. Siklus I keaktifan belajar peserta didik 71,66%, siklus II keaktifan belajar peserta didik 79,57%, dan siklus III keaktifan belajar peserta didik 90,83%. Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan role playing dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas V Salahudin Al-Ayubi pada materi cerita fiksi mata pelajaran Bahasa Indonesia di MIN 1 Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Farida Yufarlina Rosita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Dec 2023 08:14
Last Modified: 08 Dec 2023 08:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26619

Actions (login required)

View Item View Item