Implementasi Model Pembelajaran Montessori Berbantuan Media Kartu Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas I SDN 1 Surodikraman Ponorogo

Fauziyyah, Intan Nurul (2023) Implementasi Model Pembelajaran Montessori Berbantuan Media Kartu Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas I SDN 1 Surodikraman Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
THESIS INTAN NURUL F_203190251_PGMI (1) (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Fauziyyah, Intan Nurul. 2023. Implementasi Model Pembelajaran Montessori
Berbantuan Media Kartu untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca
Siswa Kelas I SDN 1 Surodikraman Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut
Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Ayunda Riska Puspita, M. A.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Montessori, membaca permulaan, Bahasa
Indonesia.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca
permulaan siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I di SDN 1
Surodikraman Ponorogo. Permasalahan yang menghambat kemampuan membaca
permulaan siswa di antaranya masih terdapat sebagian siswa yang sulit dalam
membedakan huruf antara b, d, m, n, y, g, terdapat siswa yang masih terbata-bata
dalam membaca, sebagian siswa juga masih kurang dalam mengenali huruf dan
pelafalannya dikarenakan siswa belum menguasai bunyi-bunyi huruf, serta
terdapat juga siswa yang kesulitan ketika semakin panjang kalimatnya semakin
susah mengeja huruf atau susah dalam membacanya. Dalam permasalahan tersebut
guru kelas memberi penanganan dengan menggunakan buku baca jilid, akan tetapi
penanganan tersebut belum menuntaskan kemampuan membaca siswa secara
klasikal. Berdasarkan kenyataan yang demikian, perlu adanya penanganan yang
sesuai dengan kebutuhan siswa, untuk itu peneliti memberikan solusi dengan
menerapkan model pembelajaran Montessori berbantuan media kartu dengan
harapan dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I.
Tujuan dari penelitian ini, yaitu (1) menjelaskan proses penerapan model
pembelajaran Montessori berbantuan media kartu untuk meningkatkan kemampuan
membaca siswa kelas I dan (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan
membaca siswa kelas I dengan model pembelajaran MOntessori berbantuan media
kartu. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang
berlangsung selama 2 siklus setiap siklus terdapat njir dua kali pertemuan. Setiap
siklus PTK terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan
refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi,
dan dokumentasi serta analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data
kualitatif dan kuantitatif.
Berdasarkan hasil analisis data yang ditemukan pada penelitian di SDN 1
Surodikraman Ponorogo didapat hasil yang meningkat setelah menerapkan model
pembelajaran Montessori berbantuan media kartu. Pada data awal didapat
persentase ketuntasan klasikal sebesar 34,78% atau 8 siswa dari 23 siswa. Pada
siklus I sebanyak 10 siswa yang mencapai KKTP atau 43,47% yang tuntas, dan
pada siklus II meningkat dengan mencapai nilai KKTP sebanyak 20 siswa atau
86,95%. Hal ini menunjukkan bahwa siklus I sampai siklus II persentase
keterampilan membaca siswa mengalami peningkatan dan dapat disimpulkan
bahwa penggunaan model pembelajaran Montessori berbantuan media kartu di
SDN 1 Surodikraman Ponorogo kelas I dapat meningkatkan kemampuan membaca
siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Ayunda Riska Puspita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Dec 2023 08:13
Last Modified: 08 Dec 2023 08:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26615

Actions (login required)

View Item View Item