Efektvitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sdn 2 Tonatan Ponorogo

Wati, Dita Eka Wahyu Sukma (2023) Efektvitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sdn 2 Tonatan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190228 DITA EKA WAHYU SUKMA WATI PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Wati, Dita Eka Wahyu Sukma. 2023. Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran IPA di SDN 2 Tonatan Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Faninda Novika Pertiwi, M.Pd.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Project Based Learning, Berpikir Kreatif, IPA
Mata pelajaran IPA menekankan pada pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi dan memahami alam secara ilmiah. Pembelajaran IPA siswa membuat sebuah proyek dari kreativitas mereka untuk memahami dan menemukan solusi dari pembelajaran. Namun, berdasarkan hasil observasi di SDN 2 Tonatan kemampuan berpikir kreatif siswa masih rendah. Penyebabnya adalah pembelajaran yang masih belum menggunakan model pembelajaran yang sesuai. Model pembelajaran yang dianggap mampu mengoptimalkan kemampuan berpikir kreatif siswa adalah Model Pembelajaran Project Based Learning.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Keterlaksanaan Model Pembelajaran Project Based Learningdi Kelas V Pada Mata Pelajaran IPA di SDN 2 Tonatan Ponorogo, (2) Aktivitas Peserta Didik yang Mengalami Pembelajaran Project Based Learning di Kelas V pada Mata Pelajaran IPA di SDN 2 Tonatan Ponorogo, (3) Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran IPA di SDN 2 Tonatan Ponorogo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini ialah peserta didik kelas V SDN 2 Tonatan Ponorogo pada kelas kontrol di kelas Va yang berjumlah 20 siswa, dan kelas eksperimen di kelas Vb yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan ialah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t.
Hasil penelitian ini adalah (1) Keterlaksanaan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis Project Based Learning berjalan sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan persentase pertemuan pada kelas eksperimen rata-rata 96,5%. Setiap tahapan terlaksana dengan baik dan terstruktur sehingga pada penelitian ini peneliti berhasil melaksanakan pembelajaran. (2) Aktivitas peserta didik terhadap model pembelajaran berbasis Project Based Learning memperoleh kategori sangat baik dengan hasil rata-rata 92,5%. Selain itu, aktivitas peserta didik selama mengikuti kegiatan pembelajaran berbasis Project Based Learningterbukti lebih aktif, peserta didik menunjukkan adanya peningkatan pada setiap pertemuan pembelajaran. (3) Model pembelajaran berbasis Project Based Learning efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V pada pembelajaran IPA dengan materi perubahan wujud benda di SDN 2 Tonatan Ponorogo dengan hasil uji –t yang menunjukkan bahwan nilai signifikansi kurang dari α (sig. 0,009 ≤ 0,05).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faninda Novika Pertiwi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Dec 2023 08:13
Last Modified: 08 Dec 2023 08:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26613

Actions (login required)

View Item View Item