Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Oleh Ibu Wanita Karir Dalam Keluarga (Studi Kasus di Desa Panjeng Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo)

Anggari, Azizah Ayu (2023) Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Oleh Ibu Wanita Karir Dalam Keluarga (Studi Kasus di Desa Panjeng Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190334_Azizah Ayu Anggari_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keluarga sebagai pranata sosial pertama dan utama, mempunyai arti paling strategis dalam mengisi dan membekali religious values (Nilai-Nilai Pendidikan Islam) yang dibutuhkan oleh seorang anak. Keluarga merupakan pranata yang secara konstributif mempunyai andil besar dalam pembentukan, penanaman, pertumbuhan, dan pengembangan pendidikan karakter anak. Pengaruh sosialisasi dan enkulturasi yang berasal dari keluarga sangat besar bagi pembentukan dan perkembangan seorang anak. Demikian Ibu merupakan orang pertama yang menjadi contoh dalam pendidikan bagi keluarga serta melindungi anak-anaknya karena seperti yang kita tahu anak-anak sekarang jika tidak diawasi secara maksimal maka tidak akan tahu mengenai ilmu agama. Dan kurangnya pengawasan dari orang tua anak dluar rumah yang bisa melakukan hal kurang baik tanpa diketahui orang tuanya. Selain itu, seorang ibu harus memperhatikan kepribadian seorang anak, karena Ibu tidak luput berfungsi sebagai pembina kepribadian yang dimulai sejak dalam kandungan hingga fase perkembangan anak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam oleh Ibu wanita karir dalam keluarga di Desa Panjeng Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo dan upaya dalam menanamkan nilai Akidah, Nilai Ibadah, dan Nilai Akhlak dalam keluarga serta faktor pendukung dan penghambat yang dialami oleh wanita karir dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam keluarga.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah wanita karir dan anak di Desa Panjeng. Tempat penelitian dilakukan di Desa Desa Panjeng Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data disajikan dalam bentuk yang sesuai sehingga mudah dibaca dan dipahami. Kemudian data dianalisis dan diambil kesimpulan.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam oleh wanita karir dalam keluarga di Desa Panjeng yaitu dengan 3 nilai yaitu: 1.) Nilai akidah dengan menanamkan tentang keimanan dan ketauhidan pada anak. 2.) Nilai Ibadah yaitu dengan mendampingi dan mengajarkan tentang ibadah baik sholat maupun membaca al-qur’an yang diterpakan disetiap harinya. 3.) Nilai akhlak yaitu dengan mengajarkan anak untuk memiliki adab yaitu, menerapkan 5s (salam, senyum, sapa, sopan santun) bertanggung jawab, jujur, percaya diri, amanah, dan disiplin. 4.) Faktor pendukung wanita karir di Desa Panjeng ada internal dan eksternal, faktor pendukung internal yaitu dari diri Wanita karir yang memiliki kemauan,niat untuk mengajari anaknya. Sedangkan faktor pendukung dari eksternal yaitu dari lingkungan keluarga, Masyarakat, dan teman. Sedangkan faktor penghambat wanita karir di Desa Panjeng juga berasal dari internal dan eksternal. Faktor internal yaitu; berasal dari wanita karir yang tidak bisa manajemen waktu dalam melaksanakan peran gandanya. Dengan faktor penghambat dari eksternal yaitu dari media elektronik baik HP, TV, dan Laptop. Dan juga dari anak yang tidak bisa mengatur waktu antara belajar dan bermain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Wibowo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Dec 2023 01:46
Last Modified: 08 Dec 2023 01:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26611

Actions (login required)

View Item View Item