Implementasi Metode Cerita Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Di SMP Ma'arif 1 Ponorogo

Ardianto, Muhammad Bagus (2023) Implementasi Metode Cerita Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Di SMP Ma'arif 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190416_MUHAMMAD BAGUS ARDIANTO_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (11MB)

Abstract

Ardianto, Muhammad Bagus. 2023. Implementasi Metode Cerita dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Ma’arif 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Muhammad Heriyudanta, M.Pd.I.

Kata Kunci: Metode Cerita, Minat Belajar, Pendidikan Agama Islam

Rendahnya mutu pendidikan di Indonesia sebagian besar disebabkan kurangnya minat belajar siswa di sekolah. Berdasarkan pengamatan di SMP Ma’arif 1 Ponorogo ditemukan beberapa masalah yaitu minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi pekerti masih rendah. Misalnya, dari segi perhatian siswa, ketika guru sedang menyampaikan materi tentang sejarah masuknya Islam di Indonesia masih banyak siswa yang masih mengobrol dengan teman sebangkunya, bermain HP, dan keterlibatan siswa yang kurang aktif keika pembelajaran. Metode cerita adalah salah satu metode pembelajaran yang tepat dan efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode cerita dapat meningkatkan minat belajar siswa di tinjau dari, (1) mendeskripsikan bagaimana pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Ma’arif 1 Ponorogo. (2) mendeskripsikan perncanaan, pelaksanaan, dan evaluasi implementasi metode cerita dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Ma’arif 1 Ponorogo. (3) mendeskripsikan implikasi pada implementasi metode cerita dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Ma’arif 1 Ponorogo.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Pada kegiatan analisis data kualitatif penelitian ini menyatu dengan aktivitas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan dari hasil penelitian.

Hasil penelitian ini adalah, (1) pada pelaksanaan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti yang dilakukan oleh guru di SMP Ma’arif 1 Ponorogo, guru menyampaikan materi menggunakan beberapa metode yaitu ceramah, demonstrasi, dan cerita. Penggunaan metode-metode tersebut disesuaikan dengan materi yang disampaikan. (2) sebelum pelaksanaan metode cerita dimulai, guru terlebih dahulu melihat RPP tentang materi sejarah masuknya Islam di Indonesia, kemudian guru menyampaiakan materi dengan menceritakan tokoh-tokoh yang membawa masuknya Islam pertama kali di Indonesia. Kemudian, setelah pembelajaran selesai guru melakukan evaluasi pembelajaran untuk mengtahui adanya penigkatan pehatian dan keterlibatan siswa ketika pembelajaran. (3) implikasi atau dampak dari peningkatan minat belajar siswa setelah menerapkan metode cerita pada materi sejarah masuknya Islam di Indonesia, menunjukan peningkatan pada perhatian siswa yang sebelumnya mengobrol dengan temannya dan bermain HP menjadi lebih memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode cerita dapat meningkatkan minat belajar siswa ketika penyampaian materi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Heriyudanta
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Dec 2023 01:44
Last Modified: 08 Dec 2023 01:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26607

Actions (login required)

View Item View Item