Pemanfaatan Film Animasi Nussa dan Rara dalam Mengasah Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini di TK Muslimat NU 90 Hasyim AL Hadi Kedungsekar Benjeng Gresik

Masyrufatul, Devy Masyrufatul (2023) Pemanfaatan Film Animasi Nussa dan Rara dalam Mengasah Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini di TK Muslimat NU 90 Hasyim AL Hadi Kedungsekar Benjeng Gresik. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Skripsi_205190006_Devy Masyrufatul Munawaroh REVISI 1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan bahasa merupakan salah satu perkembangan yang perlu dikuasa orang-orang mulai dari anak usia dini sampai dewasa. Pada masa ini anak memerlukan berbagai rangsangan untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak, agar anak dapat tercapai dengan optimal. Kemampuan bahasa anak akan berkembang jika mereka berkomunikasi dengan anak yang lain dengan aksen yang berbeda dan kemungkinan mereka akan mengusai bahasa negera baru dengan aksen lain. Dalam meningkatkan bahasa anak, guru juga memerlukan kegiatan untuk meningkatkannnya, salah satunya adalah dengan media film animasi Nussa dan Rara. Film animasi adalah salah satu media yang bisa digunakan untuk menanamkan nilai karakter.film merupakan salah satu media komunikasi modern yang efektif untuk menghibur sekaligus menyampaikan pesan yang dapat mempengaruhi sikap, pola pikir dan membuka wawasan bagi para penonton. Di Indonesia, banyak ditayangi film animasi anak. Baik itu di televisi maupun di channel youtube. Beberapa film animasi yang diperuntukkan untuk anak misalnya Sopo Jarwo, Nussa dan Rara, Upin-Ipin, dan lain-lainnya.
Penelitian Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan bahasa anak usia dini di TK Muslimat NU 90 Hasyim AL Hadi Kedungsekar Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik, untuk mengetahui media yang digunakan untuk perkembangan bahasa anak di TK Muslimat NU 90 Hasyim AL Hadi Kedungsekar Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik.
Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah jenis penelitian kualitatif lapangan (field Research) dan menggunakan pendekatan empiris. Teknik pengumpulan data dari data primer merupakan sumber data utama dan diperoleh dari wawancara yang dilakukan kepada kepala sekolah dan Guru Kelompok A di TK Muslimat NU 90 Hasyim AL Hadi di Desa Kedungsekar, observasi yang dilakukan kepada anak-anak Kelompok A TK Muslimat NU 90 Hasyim AL Hadi di Desa Kedungsekar. Sumber data skunder merupakan sumber data yang meliputi dokumen sekolah dan papan data yang ada dikantor sekolah.
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di TK Muslimat NU 90 Hasyim AL Hadi Kedungsekar Benjeng Gresik bahwa media film animasi Nusa dan Rara membuat perkembangan anak meningkat meskipun ada beberapa anak yang lambat untuk berkembang. Dengan menggunakan media film animasi Nussa dan Rara ini dapat membuat suasana kelas semakin menarik. Capaian yang diperoleh anak dapat dilihat dari cara mereka bertanya kepada guru dan. bermain dengan teman sebayanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tirta Dimas Wahyu Negara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Dec 2023 04:36
Last Modified: 07 Dec 2023 04:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26605

Actions (login required)

View Item View Item