Ekstrakurikuler Habsy Sebagai Media Interaksi Sosial Dengan Masyarakat Sekitar Siswa MTs Buya Hamka Kecamatan Ngrayun

Saputri, Iin Tika (2023) Ekstrakurikuler Habsy Sebagai Media Interaksi Sosial Dengan Masyarakat Sekitar Siswa MTs Buya Hamka Kecamatan Ngrayun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
208180021 IIN TIKA SAPUTRI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Saputri,Iin Tika. 2023.Ekstrakurikuler Habsyi Sebagai Media Interaksi Sosial Dengan Masyarakat Sekitar Siswa MTs Buya Hamka Kecamatan Ngrayun. Skripsi, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Arif Rahman Hakim, M.Pd
Kata Kunci: Ekstrakurikuler, Habsyi, Interaksi Sosial.
Interaksi sosial siswa MTs Buya Hamka Kecamatan Ngrayun dengan masyarakat terbentuk melalui kebiasaan berlatih habsyi bersama masyarakat yang bertempat tinggal didesa Cepoko Ngrayun Ponorogo. Dengan adanya ekstrakurikuler habsyi ini memberikan dampak yang besar terhadap siswa dan masyarakat sekitar salah satunya adalah tentang tata cara berinteraksi serta mampu meningkatkan bakat dan minat siswa terhadap habsyi serta dampak yang didapatkan oleh masyarakat adalah ilmu tentang habsyi baik dalam hal menabuh ataupun melantunkan sholawat Nabi.
Tujuan dari penelitian ini: (1) untuk mendeskripsikan strategi ekstrakurikuler habsyi sebagai media interaksi sosial dengan masyarakat sekitar siswa MTs Buya Hamka Kecamatan Ngrayun, (2) untuk mendeskripsikan persepsi masyarakat terhadap ekstrakurikuler habsyi sebagai media interaksi sosial dengan masyarakat sekitar siswa MTs Buya Hamka Kecamatan Ngrayun, (3) untuk mendeskripsikan dampak ekstrakurikuler habsyi terhadap kualitas interaksi sosial masyarakat sekitar dengan siswa MTs Buya Hamka Kecamatan Ngrayun.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi sebagaimana dalam observasi ini adalah untuk memperoleh data yang sesungguhnya yang mana dalam observasi ini peneliti melihat tentang kegiatan habsyi yang ada di MTs Buya Hamka karena data berupa wawancara belum maksimal jika tidak didukung dengan observasi, wawancara, peneliti wawancara langsung kepada pihak sekolah yaitu kepala sekolah, pembina ekstrakurikuler Habsyi serta kepada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler habsyi. Kemudian peneliti juga wawancara dengan masyarakat sekitar yaitu warga desa Cepoko terkait pelatihan habsyi antara siswa dengan warga masyarakat sekitar dan dokumentasi untuk memperoleh bukti- bukti berupa gambar atau foto terkait kegiatan penelitian dan juga mengenai habsyi Al-Fath yang ada di MTs Buya Hamka dengan menggunakan teknik analisis data Saldana, Miles dan Huberman yang menggunakan empat tahap analisis yaitu meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang digunakan untuk mendapatkan data yang valid.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) Habsyi MTs Buya Hamka didirikan dengan tujuan syiar Islam dari segi keagamaan dengan menggunakan strategi pendekatannya fokus kepada masyarakat desa Cepoko yang mencakup 3 tujuan, yaitu bermaksud untuk menyeru serta mengajak masyarakat untuk senantiasa mengakui sebagai hamba Allah dan mengekspresikan bukti kecintaannya terhadap Nabi Muhammad SAW melalui sholawat yang dilantunkannya,kemudian pendidikan maksudnya dengan di dirikannya habsyi berharap dapat mengamalkan Ilmunya kepada masyarakat sekitar serta dalam kemasyarakatannya dengan adanya habsyi dapat menjalin hubungan baik dengan masyarakat terjadi komunikasi serta interaksi baik antara siswa dengan masyarakat sekitar yaitu warga masyarakat Desa Cepoko, (2) Habsyi MTs Buya Hamka mendapatkan pengakuan baik dari masyarakat sekitar dilihat dari segi pengetahuan, sopan santun dan kegigihan siswa saat melatih ibu- ibu warga desa Cepoko mulai dari 0 yaitu masyarakat yang belum mengetahui habsyi hingga sekarang mempunyai group habsyi sendiri, (3) Habsyi MTs Buya Hamka mampu memberikan dampak positif terhadap masyarakat sekitar yakni dalam bidang pengetahuan serta kualitas interaksi antara siswa dan warga masyarakat desa Cepoko yang semakin baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Dec 2023 04:35
Last Modified: 07 Dec 2023 04:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26604

Actions (login required)

View Item View Item