..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Pemanfaatan Media Pembelajaran Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini di RA Al Madani Puspitek Pagedangan Tangerang Kab. Tangerang

Rahmawati, Nurlia (2023) ..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Pemanfaatan Media Pembelajaran Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini di RA Al Madani Puspitek Pagedangan Tangerang Kab. Tangerang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PENDIDIKAN AKHLAK ANAK USIA DINI DI RA AL-MADANI PUSPITEK PAGEDANGAN KAB. TANGERANG_ NURLIA RAHMAWATI_205190020.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rahmawati, Nurlia. 2023. Pemanfaatan Media Pembelajaran Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini di RA Al Madani Puspitek Pagedangan Tangerang Kab. Tangerang. Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Tirta Dimas Wahyu Negara, M.Pd.
Kata Kunci: Pemanfaatan Media Pembelajaran, Pendidikan Akhlak, Anak
Usia Dini
Pendidikan anak usia dini adalah pendidikan yang diberikn pada anak melalui pemberian rangsangan untuk membantu pertumbuhan. Anak usia dini mempunyai rentang usia yang sangat berharga dibanding usia berikutnya karena perkembangan kecerdasan sangat luar biasa. Pendidikan akhlak merupakan pendidikan yang mengakui bahwa dalam kehidupan seseorang menghadapi hal baik dan buruk, kebenaran dan kebatilan, keadilan serta perdamaian. Pendidikan akhlak dan mental, budi pekerti dan akhlakul karimah sangat diperlukan bagi kelanjutan hidup kedepannya. Berdasarkan fakta yang peneliti temukan di RA Al- Madani Puspitek Pagedangan Kab.Tangerang yakni perilaku anak yang masih kurang baik seperti suka berbicara kotor, anak melakukan sikap yang seharusnya tidak dilakukan di usia itu seperti anak suka berbicara dengan pembahasan orang dewasa yang seharusnya tidak dilakukan oleh anak seusianya, anak sering melakukan sikap keras dengan teman-temannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) bentuk media pembelajaran yang diterapkan pada anak usia dini di RA Al-Madani Puspitek Pagedangan Kab.Tangerang; (2) pemanfaatan media pembelajaran yang diterapkan dalam mendidik akhlak anak usia dini di RA Al-Madani Puspitek Pagedangan Kab.Tangerang.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yang menggunakan mode Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini yaitu guru dan anak yang terdiri dari 4 guru dan 14 anak. Objek penelitian ini adalah akhlak anak terhadap peran guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (lembar observasi), dan dokumentasi (catatan-catatan selama proses kegiatan berlangsung, vidio, gambar atau foto, dan RKH). Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini apabila akhlak anak terhadap peran guru telah mencapai 80% dengan kriteria sangat baik.
Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan pada akhlak anak Kelompok B di RA Al Madani. Hasil observasi yang dilakukan pada saat Pratindakan mencapai 40,54%, Siklus I mencapai 44,59%, Siklus II mencapai 77,02%, dan Siklus III mencapai 97,29%. Hal tersebut telah mencapai kriteria keberhasilan penelitian sebesar 80% dengan kriteria sangat baik. Langkah-langkah yang ditempuh untuk meningkatkan pemanfaatan media pembelajaran yaitu sebagai berikut: (1) menggunakan media pembelajaran yang menarik; (2) mengelompokan anak, setiap kelompok terdiri dari tiga anak; (3) memberikan motivasi dan reward berupa Tanda Bintang

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tirta Dimas Wahyu Negara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Dec 2023 04:32
Last Modified: 07 Dec 2023 04:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26601

Actions (login required)

View Item View Item