PENGARUH SPIRITUAL QUESTION (SQ) DAN BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP AKHLAK SISWA DI MTS PUTRI MA’ARIF PONOROGO

Ikhsan, Mohamad (2023) PENGARUH SPIRITUAL QUESTION (SQ) DAN BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP AKHLAK SISWA DI MTS PUTRI MA’ARIF PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
201190161_MOHAMMAD IKHSAN_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ikhsan, Mohamad, 2023. Pengaruh Spiritual Question (SQ) dan Bimbingan Orang Tua terhadap Akhlak Siswa di MTs Putri Ma’arif Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Retno Widyaningrum, M. Pd.
Kata Kunci: Spiritual Question, Bimbingan Orang Tua, Akhlak Siswa
Akhlak menjadi suatu yang akan membuat seseorang mendapatkan kebahagiaan di dunia maupun di akhirat. Tujuan pokok dari akhlak ialah agar setiap muslim memiliki budi pekerti. Secara umum akhlak dibagi menjadi dua, yaitu akhlak mulia dan akhlak tercela. Akhlak mulia harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Keluarga merupakan aspek penting untuk menanamkan karakter/akhlak pada anak sehingga anak memiliki akhlak yang baik. Peran keluarga sangat mempengaruhi akhlak anak, yaitu melalui keteladanan. Bimbingan orang tua secara langsung mempengaruhi perkembangan karakter/akhlak siswa dan juga memiliki hubungan timbal balik. Dengan demikian, keluarga sangat berperan penting dalam membentuk akhlak mulia siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan pengaruh SQ terhadap akhlak siswa kelas VIII MTs. Putri Ma’arif Ponorogo. 2) Memaparkan pengaruh bimbingan orang tua terhadap akhlak siswa kelas VIII MTs. Putri Ma’arif Ponorogo. 3) Mendeskripsikan pengaruh SQ dan bimbingan orang tua terhadap akhlak siswa kelas VIII MTs. Putri Ma’arif Ponorogo.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan responden sebanyak 22 siswa MTs. Putri Ma’arif Ponorogo. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana dan regresi linier berganda.
Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan spiritual terhadap akhlak siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa kecerdasan spiritual memberikan kontribusi sebesar 23,1% terhadap akhlak siswa dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan regresi variabel kecerdasan spiritual sebesar 0,384.
2) Terdapat pengaruh yang signifikan bimbingan orang tua terhadap akhlak siswa. Analisis menunjukkan bahwa bimbingan orang tua memberikan kontribusi sebesar 38,4% terhadap akhlak siswa dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan regresi variabel bimbingan orang tua sebesar 0,546. 3) Secara bersama-sama, kecerdasan spiritual dan bimbingan orang tua secara signifikan mempengaruhi akhlak siswa. Kedua faktor tersebut memberikan kontribusi sebesar 38,5% terhadap akhlak siswa dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan regresi variabel kecerdasan spiritual dan bimbingan orang tua sebesar 0,024 dan 0,529.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Dec 2023 01:23
Last Modified: 07 Dec 2023 01:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26599

Actions (login required)

View Item View Item