KONSEP PENDIDIKAN SOSIAL MENURUT SYEKH UMAR BIN AHMAD BARADJA DALAM KITAB AKHLAQ LIL BANIN DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBENTUKAN SIKAP SOSIAL ANAK USIA SD

Hidayah, Ulfa (2023) KONSEP PENDIDIKAN SOSIAL MENURUT SYEKH UMAR BIN AHMAD BARADJA DALAM KITAB AKHLAQ LIL BANIN DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBENTUKAN SIKAP SOSIAL ANAK USIA SD. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190113_ULFA HIDAYAH_Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hidayah, Ulfa. 2000. Konsep Pendidikan Sosial Menurut Syekh Umar bin Ahmad Baradja dalam Kitab Akhlaq Lil Banin dan Relevansinya Dengan Pembentukan Sikap Sosial Anak Usia SD. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Moh. Miftachul Choiri, M.A.

Kata Kunci: Pendidikan Sosial, Penanaman Sikap Sosial, Anak Usia SD, Akhlaq Lil Banin.

Pendidikan saat ini sedang mengalami krisis sosial dan sikap, banyak ditemukannya kenakalan-kenakalan yang dilakukan oleh anak-anak hingga dewasa, mulai dari kebiasaan berbohong, sikap tidak menghormati orang lain dan maraknya pembullyan yang terjadi pada kalangan anak sekolah. Sebuah karya kitab Akhlaq Lil Banin yang ditulis oleh Syekh Umar bin Ahmad Baradja cocok untuk digunakan sebagai panduan dalam mengenalkan sikap sosial yang perlu dimiliki oleh anak dari kecilnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan konsep pendidikan sosial menurut Syekh Umar bin Ahmad Bardja dalam kitab Akhlaq Lil Banin dan menjelaskan relevansinya dengan pembentukan sikap sosial anak usia sekolah dasar. Adapun penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kajian kepustakaan (library research). Dalam teknik pengumpulan data peneliti menggunakan teknik literer. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis isi. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa: Konsep pendidikan sosial menurut Syekh Umar bin Ahmad Baradja dalam kitab Akhlaq Lil Banin mencakup tiga lingkungan belajar yaitu: pendidikan di dalam keluarga, pendidikan di dalam sekolah, dan pendidikan di dalam masyarakat. Relevansi konsep pendidikan sosial menurut Syekh Umar bin Ahmad Baradja dalam kitab Akhlaq Lill Banin dengan pembentukan sikap sosial anak usia SD adalah Syekh Umar bin Ahmad Baradja dalam menyampaikan konsep pendidikan sosial banyak menggunakan metode nasihat dengan cara menggunakan kalimat perintah dan larangan, memberikan keteladanan dan menunjukkan kebiasaan yang baik lewat dialog dan perilaku sehari-hari tokoh dalam cerita, serta memberikan hukuman dengan lemah lembut dan kasih sayang ketika anak melakukan kesalahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Miftachul Choiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Dec 2023 01:21
Last Modified: 07 Dec 2023 01:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26591

Actions (login required)

View Item View Item