Implementasi Sistem Informasi Manajemen Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Pendidikan Di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo

Hadi, Sufyan (2023) Implementasi Sistem Informasi Manajemen Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Pendidikan Di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
211217025 SUFYAN HADI SKRIPSI ethesis.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Hadi, Sufyan. 2023. Implementasi Sistem Informasi Manajemen dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Pendidikan di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Umar Sidiq, M.Ag.
Kata kunci : Sistem Informasi Manajemen, Kepuasan Pelanggan Pendidikan
SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo sendiri melakukan pendekatan kepada masyarakat adalah dengan mengadakan pendekatan progam kerja yang ditujukan kepada bapak ibu guru atau karyawan. Yang berbentuk 3 tim yaitu kurikulum, kesiswaan, dan humas itu sendiri, dengan disosialisasikan ke warga sekolah dan mengadakan musyawarah dengan instansi lain untuk memberikan informasi yang update. Salah satu program yang melibatkan seluruh siswa yaitu Darul Arqom. Sekolah juga berhubungan dengan Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, sekolah SMP dan MTs se Ponorogo, juga dengan wali murid.
Penelitian ini bertujuan untuk; (1) Untuk mendeskripsikan bentuk sistem informasi manajemen dalam meningkatkan kepuasan pelanggan pendidikan, (2) Untuk memaparkan penerapan sistem informasi manajemen dalam meningkatkan kepuasan pelanggan pendidikan, (3) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penerapan sistem informasi manajemen dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo
Penelitian ini didesain dalam bentuk penelitian kualitatif-deskriptif, dengan mengambil lokasi penelitian di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Dalam hal ini, metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model Miles dan Huberman, yaitu analisis pengumpulan data (data colection), reduksi data (data reduction, penyajian data (data display), penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusion drawing/verification).
Hasil penelitian menunjukkan; (1) terkait bentuk sistem informasi manajemen pendidikan di SMA Muhammadiyah Ponorogo yang mencakup semua kegiatan yang dilakukan di lembaga tersebut. Mulai dari identitas lembaga, seting tahun ajar, setting kurikulum, database, pengelolaan yang berkaitan dengan kesiswaan. (2) terkait penerapan sistem informasi manajemen di SMA Muhammadiyah Ponorogo yakni dengan menggunakan grup secara kedinasan dan sekolah untuk penyebaran informasi, kemudian untuk siswa kamipun memiliki grup dengan wali kelas dan juga grup dengan wali murid. Informasi kami lakukan melalui edaran dan sosial media seperti: website, youtube, instagram, laman facebook, dll. (3) terkait faktor penghambat dan pendukung sistem informasi manajemen, yakni faktor pendukung dari penerapan sistem informasi yakni respon dari pelanggan pendidikan yang baik. Penghambatnya yakni akses internet yang susah, wali murid yang tidak aktif dengan sosial media.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umar Sidiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Dec 2023 01:20
Last Modified: 06 Dec 2023 01:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26588

Actions (login required)

View Item View Item