Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Serial Animasi Nussa Dan Rara Serta Relevansinya Dengan Materi Akidah Akhlak Kelas VII Madrasah Tsanawiyah

Pratama, Indra Arya (2023) Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Serial Animasi Nussa Dan Rara Serta Relevansinya Dengan Materi Akidah Akhlak Kelas VII Madrasah Tsanawiyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190106_INDRA ARYA PRATAMA_PAI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pratama, Indra Arya. 2023. Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam Serial Animasi Nussa dan Rara serta Relevansinya dengan Buku Materi Akidah Akhlak Kelas VII Madrasah Tsanawiyah. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Abdul Kholiq, MBA.

Kata Kunci : Nilai Pendidikan Agama Islam, Serial Animasi Nussa dan Rara, Akidah Akhlak.

Dalam pandangan Islam, pendidikan merupakan suatu proses bimbingan pengembangan diri yang mencakup aspek akal, jasmani maupun rohani dalam rangka membina kepribadian Islami dengan menerapkan dan menghayati nilai-nilai Islam. Saat ini menyampaikan nilai-nilai pendidikan Islam dapat memanfaatkan perkembangan teknologi salah satunya menggunakan media komunikasi berbasis video animasi salah satunya adalah serial animasi Nussa dan Rara, yang sangat kental akan nilai-nilai pendidikan agama Islam sebagai media tontonan juga dapat di praktikan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian video animasi merupakan media yang mudah dipahami untuk digunakan sebagai pembelajaran siswa materi akidah akhlak kelas VII Madrasah Tsanawiyah yang direlevansikan dengan nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam video animasi Nussa dan Rara.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Nilai-nilai pendidikan agama Islam yang terdapat dalam serial animasi Nussa dan Rara (2) Relevansi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam serial animasi Nussa dan Rara dengan materi akidah akhlak kelas VII Madrasah Tsanawiyah.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian library research. Data yang digunakan berupa data primer dari channel Youtube Nussa Official Series dan buku akidah akhlak kelas VII Madrasah Tsanawiyah. Sementara itu data sekunder berupa buku-buku pendukung yang berkaitan dengan nilai-nilai pendidikan agama Islam.
Berdasarkan hasil dari penelitian ini : (1) Nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam serial animasi Nussa dan Rara, meliputi : nilai aqidah, nilai akhlak dan nilai ibadah. (2) Relevansi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam serial animasi Nussa dan Rara dengan materi akidah akhlak kelas VII Madrasah Tsanawiyah meliputi : a) nilai akidah episode “Belajar Ikhlas” relevan dengan KD 1.3, KD 2.3, KD 4.3 pada Bab III, “Ayo Berdzikir” relevan dengan KD 1.4 dan KD 2.4 pada Bab IV. b) nilai akhlak episode “Belajar Ikhlas” relevan dengan KD 2.3 pada Bab III, “Sholat itu Wajib” relevan dengan KD 2.4 pada Bab IV, “Cintai Mereka” relevan dengan KD 3.5 pada Bab V. c) nilai ibadah episode “Sholat itu Wajib” relevan dengan KD 1.4 dan 2.4 pada Bab IV, “Cintai Mereka” relevan dengan KD 2.5 pada Bab V.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Abdul Kholiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Dec 2023 07:12
Last Modified: 05 Dec 2023 07:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26583

Actions (login required)

View Item View Item