TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTEK PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BMT SURYA MANDIRI JETIS PONOROGO

Shita, Fitria Norma (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTEK PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BMT SURYA MANDIRI JETIS PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
FITRIA NORMA SHITA-102190118-HUKUM EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Shita, Fitria Norma. 2023. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktek Pembiayaan Murabahah di Bmt Surya Mandiri Jetis Ponorogo. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing M. Ilham Tanzilulloh, M.H.I.

Kata Kunci: Hukum Islam, Murabahah

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang sesuainya pelaksanaan akad murabahah dan pemanfaatan dana murabahah oleh nasabah BMT Surya Mandiri Jetis Ponorogo. Akad murabahah merupakan akad jual beli suatu barang, di mana pihak BMT membeli terlebih dahulu barang yang dibutuhkan dari supplier lalu pihak BMT menjual kembali kepada nasabah dengan adanya penambahan laba/margin dalam jumlah tertentu. Tetapi pada praktek pelaksanaan akad murabahah yang ada di BMT Surya Mandiri Jetis Ponorogo yaitu nasabah melakukan pinjaman uang kepada pihak BMT kemudian pihak BMT tidak menjelaskan mengenai akad murabahah yang akan digunakan dan juga pihak BMT tidak menanyakan mengenai penggunaan dana yang dipinjam oleh nasabah tersebut sehingga dana murabahah tersebut bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan seperti membeli sembako, membayar sekolah anak, dan lainnya.
Berdasarkan latar belakang tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan akad murabahah di BMT Surya Mandiri Jetis? 2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pemanfaatan dana pembiayaan murabahah di BMT Surya Mandiri Jetis?
Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris dengan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan datanya dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi kemudian menjelaskannya dalam bentuk uraian kata bukan berupa angka yang selanjutnya dipaparkan dalam bentuk laporan bersifat analisis.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa; Pertama, menurut tinjauan hukum Islam, pelaksanaan akad murabahah yang ada di BMT Surya Mandiri Jetis Ponorogo sudah menjalankan prinsip syariah, akan tetapi dalam pelaksanaannya ada beberapa hal yang kurang sesuai dengan ketentuan seperti pihak BMT tidak menjelaskan kepada nasabah terlebih dahulu mengenai akad yang akan mereka jalankan, ijab yang digunakan oleh nasabah yaitu meminjam uang bukan mengajukan pembiayaan murabahah atau mengajukan pembelian barang. Kedua, pemanfaatan dana murabahah oleh beberapa nasabah kurang tepat dengan yang dituliskan pada surat permohonan pengajuan yaitu sebagai modal usaha dan tidak sesuai dengan ketentuan yang ada pada akad murabahah yaitu untuk pembelian suatu barang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Ilham Tanzilulloh
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Dec 2023 07:11
Last Modified: 06 Dec 2023 01:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26582

Actions (login required)

View Item View Item