MANAJEMEN STRATEGIK DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR JENIUS PONOROGO

Mukarromah, Titah Qori'atul (2023) MANAJEMEN STRATEGIK DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR JENIUS PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
206190116_TITAH QORI'ATUL MUKARROMAH_MPI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Mukarromah, Titah Qori’atul. 2023. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di Lembaga Bimbingan Belajar Jenius Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam FakultasTarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Fata Asyrofi Yahya, M.Pd.I.
Kata Kunci: Manajemen, Strategik, Mutu Pembelajaran

Mutu pembelajaran pada suatu lembaga pendidikan merupakan hal yang sangat penting. Dengan mutu pembelajaran yang baik akan menghasilkan sumber daya manusia dengan keahlian dan keterampilan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan pendidikan Indonesia. Baik buruknya suatu lembaga pendidikan ditentukan oleh perencanaan manajemen yang baik. Oleh karena itu, untuk menentukan dengan tepat tujuan suatu lembaga pendidikan yaitu menciptakan hasil yang bermutu, diperlukan manajemen yang baik. Penerapan manajemen strategik merupakan sebuah keniscayaan, khususnya pada lembaga pendidikan formal dan nonformal. Manajemen strategik mempunyai peran yang penting sebagai upaya peningkatan mutu pembelajaran dan mutu pendidikan. Posisi manajemen strategik adalah bidang keilmuan yang menggabungkan kebijakan pendidikan dengan lingkungan dan tekanan strategik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perumusan manajemen strategik dalam peningkatan mutu pembelajaran di lembaga bimbingan belajar Jenius Ponorogo. (2) Pelaksanaan manajemen strategik dalam peningkatan mutu pembelajaran di lembaga bimbingan belajar Jenius Ponorogo. (3) Evaluasi manajemen strategik dalam peningkatan mutu pembelajaran di lembaga bimbingan belajar Jenius Ponorogo
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Selanjutnya pengecekan keabsahan penelitian yaitu menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triagulasi.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa: (1) Perumusan manajemen strategik dalam peningkatan mutu pembelajaran meliputi menentukan visi misi dan tujuan, mengidentifikasi strength (kekuatan) dan weakness (kelemahan), penentuan strategik dan pembuatan kebijakan sebagai panduan untuk mengambil keputusan. (2) Pelaksanaan manajemen strategik dalam peningkatan mutu pembelajaran meliputi menetapkan target dengan penyusunan bahan ajar, pembuatan kebijakan atau aturan, menentukan working habits dan memotivasi guru dan siswa dan mengalokasikan sumber daya yang ada. (3) Evaluasi manajemen strategik dalam peningkatan mutu pembelajaran meliputi mengevaluasi mengenai progres akademik, melakukan pengendalian, mengevaluasi mengenai proses pembelajaran, menentukan tindakan atau solusi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Dec 2023 02:41
Last Modified: 05 Dec 2023 02:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26581

Actions (login required)

View Item View Item