Pengaruh Budaya Sekolah dan Pemahaman Materi Akidah Akhlak terhadap Perilaku Religius Siswa pada Kelas V di MI Ma’arif Ngrupit Tahun 2022/2023

Sari, Juwita (2023) Pengaruh Budaya Sekolah dan Pemahaman Materi Akidah Akhlak terhadap Perilaku Religius Siswa pada Kelas V di MI Ma’arif Ngrupit Tahun 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203190057_JUWITA SARI_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perilaku religius merupakan perilaku yang dimiliki seseorang yang kemudian mempengaruhi segala aktivitas kehidupannya berdasarkan ajaran agama yang dianutnya. Jalaluddin menyatakan, perilaku religius seseorang bukan dari faktor bawaan yang diwariskan secara turun-temurun, melainkan terbentuk dari berbagai unsur kejiwaan lainnya yang mencakup kognitif, afektif dan konatif. Selain terbentuk dalam diri individu, perilaku religius juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan, yakni lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Perilaku religius dapat terbentuk dari kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan. Oleh karena itu, budaya sekolah yang dilaksanakan secara rutin di lingkungan sekolah dan pemahaman materi akidah akhlak menjadi peranan penting terhadap perilaku religius siswa karena sekolah merupakan salah satu tempat bagi siswa mendapatkan pendidikan dan pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji dan menganalisis pengaruh budaya sekolah terhadap perilaku religius siswa kelas V di MI Ma’arif Ngrupit, (2) menguji dan menganalisis pengaruh pemahaman materi akidah akhlak terhadap perilaku religius siswa kelas V di MI Ma’arif Ngrupit, (3) menguji dan menganalisis pengaruh secara bersama-sama antara budaya sekolah dan pemahaman materi akidah akhlak terhadap perilaku religius siswa kelas V di MI Ma’arif Ngrupit.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Rancangan yang digunakan adalah penelitian ex post facto. Dalam penelitian ini populasinya adalah seluruh siswa kelas V di MI Ma’arif Ngrupit dengan jumlah 51 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut: (1) nilai Sig.t 0,00 < 0,05 sehingga menunjukkan bahwa budaya sekolah berpengaruh terhadap perilaku religius siswa kelas V di MI Ma’arif Ngrupit. (2) Nilai Sig.t 0,00 < 0,05 sehingga menunjukkan bahwa pemahaman materi akidah akhlak berpengaruh terhadap perilaku religius siswa kelas V di MI Ma’arif Ngrupit. (3) Nilai koefisien determinasi variabel Budaya Sekolah dan Pemahaman Materi Akidah Akhlak terhadap perilaku religius siswa kelas V di MI Ma’arif Ngrupit sebesar 85,6%, sisanya sebesar 14,4% dijelaskan oleh faktor (variabel-variabel) lain di luar penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Fathurahman
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Dec 2023 01:15
Last Modified: 05 Dec 2023 01:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26578

Actions (login required)

View Item View Item