Upaya Guru Dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Olah Tubuh di SPS Harum Manis Magetan

Wynindra Nurrachma, Aulia (2023) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Olah Tubuh di SPS Harum Manis Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN OLAH TUBUH_2.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nurrachma, Aulia Wynindra. 2023. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Olah Tubuh Di SPS Harum Manis Magetan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Ratbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing : Yuli Salis Hijriyani, M.Pd.

Kata Kunci: Meningkatkan Perkembangan, Motorik Kasar, Olah Tubuh

Upaya guru dalam pembelajaran sangatlah berpengaruh terhadap perkembangan kemampuan anak, salah satunya yaitu kemampuan motorik kasar dalam kegiatan olah tubuh. Faktanya ditemukan di SPS Harum Manis Magetan ada anak yang mampu melakukan kegiatan olah tubuh tanpa bantuan dari guru, dan ada juga anak yang masih memerlukan bantuan dari guru.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) upaya guru dalam meningkatkan perkembangan motorik kasar anak melalui kegiatan olah tubuh di SPS Harum Manis Magetan, (2) Faktor yang mempengaruhi kemampuan motorik kasar anak usia dini dalam kegiatan olah tubuh di SPS Harum Manis Magetan, dan (3) Capaian motorik kasar anak usia dini melalui kegiatan olah tubuh di SPS Harum Manis Magetan.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Partisipan yang termasuk dalam sumber data dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas, dan siswa di SPS Harum Manis Magetan. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia dini melalui kegiatan olah tubuh di SPS Harum Manis Magetan adalah melihat karateristik kemampuan motorik kasar anak, menyediakan media yang digunakan, memperlakukan dengan sama, memperkenalkan berbagai jenis keterampilan motorik, memberikan semangat pada anak, dan membuat kegiatan motorik kasar yang bervariasi. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan motorik kasar anak usia dini dalam kegiatan olah tubuh di SPS Harum Manis Magetan adalah faktor genetik, faktor status gizi, faktor lingkungan, dan faktor stimulasi. (3) capaian motorik kasar anak usia dini melalui kegiatan olah tubuh di SPS Harum Manis Magetan adalah berjalan diatas papan titian, melempar dan menangkap bola, berjalan sambil berjinjit, melompat ke depan dan ke belakang, dan berdiri dengan satu kaki.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuli Salis Hijriyani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Dec 2023 08:31
Last Modified: 04 Dec 2023 08:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26574

Actions (login required)

View Item View Item