..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, LEMBAR KEASLIAN TULISAN DI BAWAH PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Jawa Siswa Kelas IV SDN Joresan Ponorogo

Rahayu, Eka Puji ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, LEMBAR KEASLIAN TULISAN DI BAWAH PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Jawa Siswa Kelas IV SDN Joresan Ponorogo. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
EKAPUJIRAHAYU_203190140_SKRIPSIA5.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Eka, Puji Rahayu. 2023. Pengaruh Mode Pembelajaran Role Playing terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Jawa Siswa Kelas IV SDN Joresan Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Berlian Pancarrani, M.Pd.
Kata Kunci: Metode Role Playing dan Kemampuan Berbicara Bahasa Jawa
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa yang masih salah dalam berbicara Bahasa Jawa dengan teman sebaya dan juga dengan guru. Penggunaan kosakata yang masih mencampuradukkan dengan kosa kata Bahasa Indonesia sehingga bahasa yang dicampur tidak sesuai dengan kaidah Bahasa Jawa. Rata-rata hasil belajar Bahasa Jawa siswa dalam materi berbicara Bahasa Jawa masih rendah. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang masih konvensional yang kurang melibatkan aktivitas berbicara siswa. Oleh karena itu peneliti menerapkan model pembelajaran role playing dalam pembelajaran Bahasa Jawa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan penerapan model pembelajaran role playing dalam mata pelajaran Bahasa Jawa siswa kelas IV SDN Joresan (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran role playing terhadap kemampuan berbicara Bahasa Jawa siswa kelas IV SDN Joresan.
Penelitian ini dilakukan di SDN Joresan dengan menggunakan metode kuantitatif model pre-eksperimen dengan design one group pretest posttest. Populasi penelitian sejumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes. Adapun teknik analisis yang digunakan yaitu uji paired t tes.
Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran role playing pada mata pelajaran Bahasa Jawa masuk dalam kategori baik ditunjukkan dengan siswa yang aktif dalam kegiatan pembelajaran, dan (2) kemampuan berbicara Bahasa Jawa siswa kelas IV SDN Joresan rata-rata mengalami peningkatan dari 25,5 menjadi 31,5.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Dec 2023 07:13
Last Modified: 04 Dec 2023 07:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26564

Actions (login required)

View Item View Item