..(LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS BLM DITANDA TANGANI, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN, TAMBAHKAN WATERMARK FULL S/D DAFTAR PUSTAKA, UPLOAD ULANG)..Internalisasi Nilai-nilai Karakter Santri Berdasarkan Trilogi Ajaran Islam Di Pondok Pesantren Mamba'ul Hikmah Kauman Kota Lama Ponorogo

Munawaroh, Ana Latifatul (2023) ..(LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS BLM DITANDA TANGANI, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN, TAMBAHKAN WATERMARK FULL S/D DAFTAR PUSTAKA, UPLOAD ULANG)..Internalisasi Nilai-nilai Karakter Santri Berdasarkan Trilogi Ajaran Islam Di Pondok Pesantren Mamba'ul Hikmah Kauman Kota Lama Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201190023_ANA LATIFATUL MUNAWAROH_ PAI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Munawaroh, Ana Latifatul. 2023. Internalisasi Nilai-nilai Karakter Santri Berdasarkan Trilogi Ajaran Islam di Pondok Pesantren Mamba’ul Hikmah Kauman Kota Lama Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Mukhlison Effendi, M.Ag.

Kata Kunci: Nilai-nilai Karakter Santri, Trilogi Ajaran Islam, Pondok Pesantren
Perkembangan zaman yang semakin maju, maraknya pergaulan bebas, pesantren harus berupaya dalam menyesuaikan diri dengan keadaan. Pondok Pesantren Mamba’ul Hikmah merupakan salah satu lembaga pendidikan yang memberikan kontribusi untuk mencetak generasi yang memiliki keimanan yang kuat, pengetahuan agama Islam yang luas dan berakhlakul karimah. Oleh karena itu setiap kegiatan merupakan program pondok yang baik. Upaya perbaikan dan meningkatkan mutu program pondok terutama dengan trilogi ajaran Islam menjadi prioritas yang harus diperhatikan, supaya santri memiliki bekal untuk menghadapi perkembangan zaman dan pergaulan bebas. Upaya pembentukan karakter seorang muslim sejati Pondok Pesantren Mamba’ul Hikmah Kuman Kota Lama Ponorogo dilakukan dengan pedoman trilogi ajaran Islam yang berisikan Iman, Islam, Ihsan.
Tujuan peneliti ini adalah untuk mengaji dan menganalisis internalisasi nilai-nilai karakter santri berdasarkan trilogi ajaran Islam di Pondok Pesantren Mamba’ul Hikmah Kauman Kota Lama Ponorogo melalui (1). Internalisasi nilai-nilai karakter santri melalui asas iman di Pondok Pesantren Mamba’ul Hikmah Kuman Kota Lama Ponorogo, (2). Internalisasi nilai-nilai karakter santri melalui asas Islam di Pondok Pesantren Mamba’ul Hikmah Kuman Kota Lama Ponorogo, dan (3). Internalisasi nilai-nilai karakter santri melalui asas ihsan di Pondok Pesantren Mamba’ul Hikmah Kuman Kota Lama Ponorogo.
Pendekatan dalam penelitian ini yaitu kualitatif. Jenis penelitianya studi kasus. Teknik pengumpulan data, mengunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis, miles, huberman dan saldana yang tahapannya meliputi; pengumpulan data, menyajikan data, kondensasi data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) Internalisasi Nilai-nilai Karakter Santri Melalui Asas Iman di Pondok Pesantren Mamba’ul Hikmah Kauman Kota Lama Ponorogo adalah dengan melakukan kegiatan sholat berjamaah, wiritdan, istihgosah, membaca Al-Qur’an dan sholawat diba’ al-berjanji. Dan santri memiliki karakter yang kukuh pada keimanannya, itidak mudah melakukan dosa dan dholim, melaksanakan apa yang diperintahkan Allah dan taat pada peraturan yang ada di Pondok Pesantren Mamba’ul Hikmah. (2) Internalisasi Nilai-nilai Karakter Santri Melalui Asas Islam di Pondok Pesantren Mamba’ul Hikmah Kauman Kota Lama Ponorogo adalah dengan melakukan kegiatan pengajaran agama Islam dengan mengaji kitab kuning supaya santri memiliki bekal ilmu agama Islam, tindakan selalu menganut pada apa yang di contohkan Nabi Muhammad saw. santri memiliki karakter semangat dalam mencari ilmu, membuang kemalasan, dan keputus asaan dalam t}olabul ‘ilmi. (3) Internalisasi Nilai-nilai Karakter Santri melalui asas ihsan di Pondok Mamaba’ul Hikmah adalah dengan membumikan adab, menjaga persaudaraan, menyakini bahwa kita selalu diawasi oleh Allah Swt, oleh karena itu setidaknya santri memiliki akhlakul karimah, dengan ihsannya itu seakan-akan akhlakul karimah tidak pencitraan, apa yang dilakukan semata-mata mencari ridho Allah. Mempunyai jiwa yang murni sebagai sorang yang Islam memiliki akhlakul karimah yang murni yang dihasilkan dalam prinsep teori, aksi, dan kontemplasi dari belajar ilmu agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Dec 2023 07:11
Last Modified: 04 Dec 2023 07:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26563

Actions (login required)

View Item View Item