Mualifah, Devi Faridatul (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN PPKn UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERARGUMENTASI SISWA MI MA’ARIF POLOREJO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
203190222_DEVI FARIDATUL MUALIFAH_PGMI.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Mualifah, Devi Faridatul. 2023. Penerapan Model Problem Based Learning pada
Pembelajaran PPKn untuk Meningkatkan Kemampuan Berargumentasi Siswa.
Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Restu
Yulia Hidayatul Umah, M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran PBL, Kemampuan Berargumentasi, PPKn.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berargumentasi siswa
sehingga siswa kesulitan dalam menyampaikan argumen pada mata pelajaran PPKn kelas
III di MI Ma’arif Polorejo. Salah satu penyebabnya yaitu penggunaan model pembelajaran
yang kurang sesuai dengan materi yang diajarkan dan siswa cenderung diam selama
pembelajaran berlangsung karena kurang terlibatnya siswa dalam proses pembelajaran.
Berdasarkan masalah tersebut, maka perlu adanya perbaikan pada model pembelajaran
yaitu dengan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Konsep
yang ada pada PBL yaitu pemberian masalah yang bertujuan melatih kemampuan
berargumentasi siswa dalam bentuk mencari solusi dari permasalahan tersebut dengan
kemampuannya sendiri.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan keterlaksanaan Problem Based
Learning pada pembelajaran PPKn materi hak dan kewajiban untuk meningkatkan
kemampuan berargumentasi siswa kelas III B Umar Bin Khattab di MI Ma’arif Polorejo
dan (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan berargumentasi siswa kelas III B Umar
Bin Khattab di MI Ma’arif Polorejo pada pembelajaran PPKn materi hak dan kewajiban.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek yang diteliti adalah siswa
kelas III di MI Ma’arif Polorejo dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan model PBL siklus I
keterlaksanaan model PBL pada hasil observasi guru memperoleh skor 82 yang
dikategorikan “baik”, sedangkan hasil observasi siswa memperoleh skor 64 yang
dikategorikan “cukup baik”. Kemudian, pada siklus II keterlaksanaan model PBL
mengalami peningkatan pada hasil observasi guru memperoleh skor 87 yang dikategorikan
“baik”, sedangkan hasil observasi siswa memperoleh skor 80 yang dikategorikan “baik”.
(2) Peningkatan kemampuan berargumentasi siswa kelas III terhadap penerapan model
PBL pada pembelajaran PPKn berkriteria tuntas apabila nilai yang didapatkan siswa sesuai
dengan KKM dan berkategori “baik dan sangat baik”. Maka dari itu dapat dibuktikan
melalui hasil nilai Pretest yaitu sebanyak 23% siswa mendapatkan nilai berkategori “baik”.
Hasil nilai Posttest I yaitu sebanyak 16% siswa mendapatkan nilai berkategori “sangat
baik”, 42% siswa mendapatkan nilai berkategori “baik”. Hasil nilai Posttest II yaitu
sebanyak 81% siswa mendapatkan nilai berkategori “sangat baik” dan 19% siswa
mendapatkan nilai berkategori “baik”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 04 Dec 2023 02:00 |
Last Modified: | 04 Dec 2023 02:00 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26553 |
Actions (login required)
View Item |