Penerapan Metode Nahawand Dalam Meningkatkan Bacaan Al-Qur'an di MTs Ma'arif Balong Ponorogo

Rahmawati, Diana (2023) Penerapan Metode Nahawand Dalam Meningkatkan Bacaan Al-Qur'an di MTs Ma'arif Balong Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
201190059_DIANA RAHMAWATI_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rahmawati, Diana. 2023. Penerapan Metode Nahawand Dalam Meningkatkan Bacaan Al-Qur’an Di Mts Ma’arif Balong Ponorogo Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Ju’subaidi, M. Ag.
Kata Kunci: Metode Nahawand, Kemampuan Membaca, Al-Qur’an

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa Mts Ma’arif Balong yang belum bisa menerapkan makharijul huruf dan kaidah tajwid yang benar dan masih seenaknya sendiri dalam membaca Al-Qur’an. Siswa kelas 7, 8, 9 dilatih untuk bisa membaca Al-Qur’an dengan bagus dengan menggunakan metode nahawand ini. Hal ini disebabkan karena para siswa belum mendapat bimbingan yang mendalam tentang hal tersebut. Dengan demikian metode nahawand masih sangat perlu digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an.
Tujuan penelitian kali ini adalah untuk (1) Untuk menjelaskan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an di Mts Ma’arif Balong, (2) Untuk menjelaskan penerapan metode nahawand dalam meningkatkan bacaan Al-Qur’an di Mts Ma’arif Balong.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil objek penelitian di MTs Ma’arif Balong Ponorogo. Subjek penelitian yaitu siswa kelas 7,8,9 akan tetapi dibedakan anatara yang sudah lancar membaca Al-Qur’annya dan yang belum lancar dalam membaca Al-Qur’an. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Informasi berasal dari siswa dan guru pembimbing membaca Al-Qur’an menggunakan metode nahawand. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan Teknik analisis data Miles dan Huberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verification.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) Kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an, siswa akan diasah kemampuan membaca Al-Qur’annya dengan cara membaca Al-Qur’an didepan guru pembimbing mereka, selanjutnya siswa akan dipilah sesuai dengan kemampuan mereka masing-masing dengan menggunakan standar Iqro’ dan juga Al-Qur’an. Bukan itu saja siswa juga dipilah menurut kaidah makhorijul huruf dan tajwidnya. (2) Penerapan metode Nahawand dapat dikatakan bisa meningkatkan bacaan Al-Qur’an para siswa, dikarena berdasarkan pengamatan guru pembimbing siswa akhirnya bisa semangat dalam membaca Al-Qur’an itu salah satu faktornya yakni adanya penerapan metode Nahawand ini. Berdasarkan indicator tepat sasaran, bahwa metode Nahawand sudah tepat yaitu kepada siswa yang kurang menunjukkan semangatnya dalam membaca Al-Qur’an. Dari indicator tepat waktu, siswa yang mengikuti metode Nahawand ini semakin lancar dan semakin baik dalam membaca Al-Qur’an, baik dari tajwid maupun makhjizul hurufnya. Dari indikator tercapainya tujuan, tujuan dari penerapan metode Nahawand ini yaitu selain digunakan untuk melatih siswa agar lancar dalam membaca Al-Qur’an, juga digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami irama-irama saat membaca Al-Qur’an missal saja menggunakan irama Nahawand seperti yang sudah diterapkan di MTs Ma’arif Balong ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ju'subaidi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Dec 2023 06:36
Last Modified: 01 Dec 2023 06:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26548

Actions (login required)

View Item View Item