Kemampuan Menulis Sederhana Menggunakan Media Animal Card pada Siswa Tunarungu SLB Negeri Jenangan Ponorogo

Pertiwi, Dila Ani (2023) Kemampuan Menulis Sederhana Menggunakan Media Animal Card pada Siswa Tunarungu SLB Negeri Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190032_Dila Ani Pertiwi PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

SLB Negeri Jenangan Ponorogo merupakan sekolah untuk anak berkebutuhan khusus, yang di antaranya anak tunarungu, anak tunagrahita, anak tunadaksa, dan anak autisme. Materi yang digunakan di SLB Negeri Jenangan ini sama seperti sekolah normal pada umumnya, tetapi dalam penerapan dilapangan berbeda sesuai dengan kemampuan anak berkebutuhan khusus. Media animalcard merupakan media kartu hewan bergambar yang digunakan guru di SLB Negeri Jenangan pada anak tunarungu kelas 2 dan 3 untuk mendorong kemampuan menulisnya. Media ini banyak diminati anak tunarungu kelas 2 dan 3 karena menarik dan mudah untuk menambah kosakata anak.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) penerapan media animalcard di SLB Negeri Jenangan khususnya kelas 2 dan 3 tunarungu, (2) kemampuan menulis sederhana anak tunarungu kelas 2 dan 3 tunarungu menggunakan mediaanimalcard, dan (3) faktor penghambat dan faktor pendukung penerapan media animalcard.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu data yang dikumpulkan berupa naskah wawancara, catatan lapangan dan gambar untuk memperoleh data yang akurat.Lokasi dalam peneitian ini di SLB Negeri Jenangan Ponorogo. Maka dari itu, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi untuk mengumpulkan data, serta analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, data display dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang didapatkan pada penelitian ini, yaitu (1) Dalam penerapan media animalcard, guru sudah sesuai dengan teori perencanaan yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi, serta anak menjadi aktif dan antusias saat kegiatan pembelajaran. (2) Kemampuan menulis sederhana anak tunarungu sudah lebih baik, tepat dalam penulisan huruf, kosakata dan tulisan menjadi rapi dan dapat dibaca orang lain. (3) Serta faktor penghambat penerapan media animalcarduntuk mendorong kemampuan menulis sederhana anak tunarungu di SLB Negeri Jenangan yaitu: adanya desakan orang tua, kondisi anak yang berbeda-beda, serta keterlambatan siswa saat memasuki kelas, dan faktor pendukung yaitu: adamya minat dan ketertarikan siswa, suasana belajar yang nyaman, sarana dan prasarana yang memadai dan adanya dukungan orang tua, guru dan warga sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Farida Yufarlina Rosita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Dec 2023 01:23
Last Modified: 01 Dec 2023 01:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26544

Actions (login required)

View Item View Item