Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Kegiatan Jum'at Bersih Dan Sabtu Sehat Di SD Negeri 1 Semanding

Pratama, Andhika Nur Akbar (2023) Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Kegiatan Jum'at Bersih Dan Sabtu Sehat Di SD Negeri 1 Semanding. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
203190009_ANDHIKA NUR AKBAR PRATAMA_PGMI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pratama, Andhika Nur Akbar. 2023. Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Kegiatan Jum’at Bersih dan Sabtu Sehat Di SD Negeri 1 Semanding. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Risti Aulia Ulfah, M.Pd.

Kata Kunci: Pendidikan karakter, peduli lingkungan, jum’at bersih, sabtu sehat

Pendidikan termasuk salah satu komponen penting dalam kehidupan yang bertujuan untuk mengarahkan manusia agar berpengetahuan, cerdas, memiliki wawasan luas, dan memiliki keterampilan dalam menghadapi kehidupan. Pada proses pendidikan di sekolah, peserta didik tidak hanya diberikan bekal pengetahuan dan pengalaman saja akan tetapi mereka juga diberikan pendidikan karakter sebagai penanaman moral dan tingkah laku yang baik dalam kehidupan bermasyarakat. Terdapat 18 nilai pendidikan karakter di Negara Indonesia, salah satunya adalah pendidikan karakter peduli lingkungan. Hasil observasi dan wawancara dengan Bapak Prayit selaku guru kelas 6 di SD Negeri 1 Semanding adalah masih dijumpai beberapa peserta didik yang tidak membuang sampah pada tempatnya dan kurang menjaga kebersihan kamar mandi serta terdapat kegiatan untuk menanamkan karakter peduli lingkungan kepada peserta didik yaitu dengan melaksanakan kegiatan Jum’at bersih dan Sabtu sehat.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui implementasi penanaman pendidikan karakter peduli lingkungan melalui kegiatan Jum’at bersih di SD Negeri 1 Semanding; (2) mengetahui implementasi penanaman pendidikan karakter peduli lingkungan melalui kegiatan Sabtu sehat di SD Negeri 1 Semanding; dan (3) mengetahui kendala yang dihadapi dalam implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan melalui kegiatan Jum’at bersih dan Sabtu sehat di SD Negeri 1 Semanding.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi kepada peserta didik, lembar wawancara kepada kepala sekolah, guru kelas 6, guru kelas 5, guru olahraga, perwakilan peserta didik kelas 6, dan perwakilan peserta didik kelas 5. Teknik analis data yang digunakan adalah kodifikasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan pada penelitian ini terdiri dari meningkatkan ketekunan, dan triangulasi sumber.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter peduli lingkungan di SD Negeri 1 Semanding ditanamkan melalui kegiatan: (1) kegiatan Jum’at bersih merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap hari jum’at sebelum jam pertama dimulai, yaitu pada pukul 07.00 WIB. Kegiatan dari jum’at bersih adalah membersihkan area sekolah, mulai dari dalam kelas, depan kelas, halaman sekolah, samping sekolah, depan sekolah dan belakang sekolah yang dilaksanakan secara gotong royong oleh seluruh warga SD Negeri 1 Semanding; (2) Kegiatan Sabtu sehat adalah kegiatan rutinan yang dilaksanakan oleh seluruh warga SD Negeri 1 Semanding pada hari Sabtu. Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam sabtu sehat adalah memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai dasar-dasar gerakan senam, serta memberikan edukasi terkait bagaimana menjaga kesehatan tubuh; dan (3) Hambatan dari pelaksanaan kegiatan Jum’at bersih dan Sabtu sehat adalah terdapat peserta didik yang kurang bersemangat dalam mengikuti kegiatan Jum’at Bersih dan kurang luasnya halaman di SD Negeri 1 Semanding. Namun guru memberikan solusi yaitu dengan mengatur jadwal kelas tinggi yang membersihkan area sekolah pada kegiatan Jum’at Bersih dan bapak ibu guru juga ikut membantu dalam kegiatan Jum’at Bersih, sehingga peserta didik juga ikut termotivasi dalam mengikuti kegiatan Jum’at Bersih. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwasanya melalui kegiatan Jum’at bersih maupun Sabtu sehat dapat menanamkan karakter peduli lingkungan kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: RISTI AULIA ULFAH
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Dec 2023 01:22
Last Modified: 01 Dec 2023 01:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26543

Actions (login required)

View Item View Item