Pengaruh Pendidikan Agama Islam dan Fasilitas Keagamaan terhadap Ketaatan Beribadah pada Remaja Karang Taruna Desa Sambirejo Geger Madiun Tahun 2023

Qoyyuma, Sulthoni, Fauzul (2023) Pengaruh Pendidikan Agama Islam dan Fasilitas Keagamaan terhadap Ketaatan Beribadah pada Remaja Karang Taruna Desa Sambirejo Geger Madiun Tahun 2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI SULTHONI FAUZUL QOYYUMA-201190465.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fauzul Qoyyuma, Sulthoni. 2023. Pengaruh Pendidikan Agama Islam dan Fasilitas Keagamaan terhadap Ketaatan Beribadah pada Remaja Karang Taruna di Desa Sambirejo Geger Madiun Tahun 2023. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Andhita Dessy Wulansari, M.Si.

Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Fasilitas Keagamaan, Ketaatan Beribadah

Ketaatan beribadah merupakan suatu ketundukan manusia kepada Allah SWT dengan melaksanakan segala perintah dan menjauhi segala larang-nya. Namun, meskipun demikian berdasarkan wawancara dengan pembina remaja karang taruna, bahwa pendidikan agama Islam, dapat merubah tingkat keimanan remaja dari tidak beribadah menjadi aktif beribadah karena membimbing, mengarahkan serta menumbuhkan kemampuan pada diri remaja sehingga membentuk remaja yang tunduk dan taat kepada Allah untuk memperoleh keselamatan dan kebahagiaan dunia maupun akhirat. Meskipun telah mendapat pendidikan agama, baik dari sekolah maupun dari rumah tangga, ternyata pemahaman agama yang baik masih terkontaminasi oleh perubahan itu sendiri. Remaja di desa Sambirejo Geger Madiun adalah salah satu bukti konkritnya. Berkaitan dengan ketaatan beribadah, Jalaluddin dalam bukunya Psikologi Agama menyatakan bahwa ada dua faktor yang mempengaruhinya yaitu faktor internal dan eksternal. Dari kedua faktor tersebut ada juga faktor internal seperti tingkat usia, kepribadian manusia Dan sedangkan faktor eksternal seperti keluarga sebagai pendidikan pertama bagi anak, institusi sebagai kurikulum dalam pengembangan keagamaan bagi anak, masyarakat sebagai lingkungan yang terdapat disekeliling anak.

Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk: (1) mendeskripsikan signifikansi pengaruh pendidikan agama Islam dalam keluarga terhadap ketaatan beribadah remaja karang taruna di desa sambirejo geger madiun tahun 2023. (2) mendeskripsikan signifikansi pengaruh fasilitas keagamaan terhadap ketaatan beribadah remaja karang taruna di desa sambirejo geger madiun tahun 2023. (3) mendeskripsikan signifikansi pengaruh pendidikan agama Islam dalam keluarga dan fasilitas keagamaan terhadap ketaatan beribadah remaja karang taruna di desa sambirejo geger madiun tahun 2023.

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto, dengan populasi berjumlah 50 remaja dan menggunakan teknik sampling jenuh.

Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket. Adapun teknik analisis data menggunakan rumus regresi linier sederhana dan regresi linier ganda dengan bantuan SPSS for windows versi 26.0.

Berdasarkan dari hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Pendidikan Agama Islam berpengaruh secara signifikan terhadap Ketaatan Beribadah remaja di Karang Taruna di Desa Sambirejo Geger Madiun, dengan besarnya pengaruh terhadap ketaatan beribadah adalah 40,4%. (2) Fasilitas Keagamaan berpengaruh secara signifikan terhadap Ketaatan Beribadah remaja di Karang Taruna di Desa Sambirejo Geger Madiun, dengan besarnya pengaruh terhadap ketaatan beribadah adalah 34,3%. (3) Pendidikan Agama Islam dan Fasilitas Keagamaan berpengaruh secara signifikan terhadap Ketaatan Beribadah remaja di Karang Taruna di Desa Sambirejo Geger Madiun, dengan besarnya pengaruh terhadap ketaatan beribadah adalah 43,1%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Dec 2023 01:21
Last Modified: 01 Dec 2023 01:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26540

Actions (login required)

View Item View Item