..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Strategi Membangun Brand Image dalam Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pendidikan di SMA Negeri 1 Jetis Ponorogo

Amalina, Zakiya (2023) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..Strategi Membangun Brand Image dalam Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pendidikan di SMA Negeri 1 Jetis Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
206190121_ZAKIYA AMALINA_MPI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Amalina, Zakiya. 2023. Strategi Membangun Brand Image dalam Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pendidikan di SMA Negeri 1 Jetis Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Abdul Kholiq, MBA.
Kata kunci : Strategi, Brand Image, dan Daya Saing

Daya saing menjadi salah satu hal utama yang perlu mendapatkan perhatian oleh lembaga pendidikan. Karena daya saing tersebuat dapat mempengaruhi kepercayaan masyarakat terhadap sekolah. Oleh karena itu, untuk meningkatkan daya saing dalam lembaga pendidikan salah satunya dengan memperhatikan strategi brand image sebagai salah satu bentuk strategi untuk membangun kepercayaan masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Implementasi strategi membangun brand image dalam meningkatkan daya saing lembaga pendidikan di SMA Negeri 1 Jetis Ponorogo; (2) Faktor pendukung dan penghambat strategi membangun brand image dalam meningkatkan daya saing lembaga pendidikan di SMA Negeri 1 Jetis Ponorogo; dan (3) Dampak strategi membangun brand image dalam meningkatkan daya saing lembaga pendidikan di SMA Negeri 1 Jetis Ponorogo.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan model analisa Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data untuk menarik kesimpulan dari data yang dikumpulkan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Implementasi strategi membangun brand image dalam meningkatkan daya saing lembaga pendidikan di SMA Negeri 1 Jetis Ponorogo meliputi: a) Menciptakan program unggulan sekolah, b) Membentuk karakter siswa, c) Meningkatkan potensi dan prestasi siswa, d) Menjalin kerjasama dengan instansi lain, e) Biaya pendidikan murah; (2) Faktor pendukung dan penghambat strategi membangun brand image dalam meningkatkan daya saing lembaga pendidikan di SMA Negeri 1 Jetis Ponorogo meliputi: a) Faktor pendukung, yaitu tenaga pendidik dan kependidikan yang sudah berkualifikasi baik, sarana prasarana yang memadai, budaya dan kepribadian sekolah yang baik, lokasi yang strategis. b) Faktor penghambat, yaitu pendanaan sekolah masih belum maksimal dialokasikan, dan kurang koordinasi; dan (3) Dampak strategi membangun brand image dalam meningkatkan daya saing lembaga pendidikan di SMA Negeri 1 Jetis Ponorogo meliputi: a) Memberikan identitas bagi sekolah, b) Dapat menarik konsumen baru, c) Citra sekolah yang positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: ABDUL KHOLIQ
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Dec 2023 01:14
Last Modified: 01 Dec 2023 01:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26535

Actions (login required)

View Item View Item