Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas IV Di SD Ma'arif Ponorogo

Nur Rohmah, Atikah (2023) Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas IV Di SD Ma'arif Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203190020_ATIKAHNURROHMAH_PGMI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Rohmah, Atikah Nur. 2023. Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas IV di SD Ma’arif Ponorogo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Ulum Fatmahanik, M.Pd.

Kata Kunci: Model pembelajaran Two Stay Two Stray, kemampuan komunikasi matematis.
Kemampuan komunikasi matematis sangat berperan penting dalam pembelajaran matematika, karena peserta didik yang mempunyai komunikasi matematis yang baik dapat dengan mudah menafsirkan dan menyelesaikan suatu permasalahan matematika. Namun, kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IV SD Ma’arif Ponorogo masih tergolong rendah. Siswa masih mengalami kesulitan dalam menyampaikan dan menuliskan ide matematis dari suatu permasalahan matematika. Hal ini terlihat pada hasil pekerjaan siswa dalam ulangan harian, rata-rata nilai ulangan Matematika siswa kelas IVC terdapat 60% dari 31 siswa yang memenuhi KKM (70), dan berarti masih ada 40% dari 31 siswa yang belum menguasai materi tersebut. Model pembelajaran konvensional dan pembelajaran yang belum mengarahkan kepada dunia nyata diasumsikan sebagai penyebabnya. Dengan demikian, kemampuan komunikasi matematis harus mendapatkan perhatian dan tindakan yakni dengan menggunakan model pembelajaran yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Oleh karena itu, peneliti memilih model pembelajaran Two Stay Two stray (TSTS) sebagai model pembelajaran yang paling relevan dan menjawab permasalahan yang ada.
Tujuan penelitian ini antara lain: (1) Mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran TSTS, (2) Mengetahui aktivitas siswa menggunakan model pembelajaran TSTS, (3) Mengetahui efektivitas model pembelajaran TSTS terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IV SD Ma’arif Ponorogo.
Metode dalam penelitian ini ialah kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Dengan jumlah sampel 61 siswa yang terdiri dari 30 kelas IVD sebagai kelas eskperimen dan 31 kelas IVB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Analisis data menggunakan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Keterlaksanaan model pembelajaran TSTS kelas eksperimen memperoleh presentase 81% dengan kategori sangat baik pada pertemuan pertama dan memperoleh presentase 98% dengan kategori sangat baik pada pertemuan kedua. (2) Aktivitas siswa kelas eksperimen memperoleh presentase 74% dengan kategori baik pada pertemuan pertama dan memperoleh presentase 96% dengan kategori baik pada pertemuan kedua. (3) Model pembelajaran TSTS berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IV SD Ma’arif Ponorogo ditunjukkan dengan H0 ditolak dan H

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ulum Fatmahanik
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Dec 2023 01:11
Last Modified: 01 Dec 2023 01:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26533

Actions (login required)

View Item View Item