Strategi Pemasaran Untuk Membangun School Branding Dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pendidikan (Studi Kasus di MTS Negeri 1 Ponorogo)

Nurrachmawati, Anik (2023) Strategi Pemasaran Untuk Membangun School Branding Dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pendidikan (Studi Kasus di MTS Negeri 1 Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206190004_ANIK NURRACHMAWATI_MPI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nurrachmawati, Anik. 2023. Strategi Pemasaran untuk Membangun School Branding dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pendidikan (Studi Kasus di MTs Negeri 1 Ponorogo). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri. Pembimbing: Dian Pratiwi, M.M

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, School Branding, Daya Saing Madrasah

Sekolah merupakan lembaga yang berkaitan langsung dengan masyarakat. Sekolah harus memiliki branding sendiri karena sangat penting untuk menjadi kekuatan dan pembeda dari masing-masing sekolah lainnya. Sekolah yang memiliki branding yang khas nantinya akan dapat menarik peserta didik dan wali peserta didik, serta masyarakat untuk masuk ke sekolah tersebut. Branding merupakan upaya yang digunakan dalam memperkenalkan suatu merek. Strategi membangun branding ini di MTsN 1 Ponorogo dapat terlihat bagaimana madrasah terus mengupayakan dalam mengembangkan MTsN 1 Ponorogo.
Berdasarkan Uraian diatas, peneliti bermaksud mengadakan penelitian dengan tujuan penelitian sebagai berikut: (1) Perencanaan strategi pemasaran untuk membangun school branding dalam meningkatkan daya saing lembaga pendidikan di MTsN 1 Ponorogo. (2) Pelaksanaan strategi pemasaran untuk membangun school branding dalam meningkatkan daya saing lembaga pendidikan di MTsN 1 Ponorogo. (3) Implikasi school branding dalam upaya meningkatkan daya saing lembaga pendidikan di MTsN 1 Ponorogo.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan metode kualitatif. Dalam pengumpulan data, penulisan data, penulisan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Dan teknik yang dipilih dalam analisis data adalah kondensasi, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan.
Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa (1) Bentuk perencanaan strategi pemasaran dengan menganalisis dengan metode SWOT untuk membangun school branding dalam meningkatkan daya saing lembaga pendidikan, ada beberapa rencana strategi yang digunakan yaitu Internet Marketing, Point of Purchase (POP), dan Earned Media (2) Pelaksanaan strategi pemasaran untuk membangun school branding dalam meningkatkan daya saing lembaga pendidikan yaitu dengan meningkatkan akreditasi sekolah; meningkatkan kualitas learning output dan learning outcome, seperti prestasi siswa, guru, sekolah, serta alumni; Membuat jargon, ‘tagline’, slogan yang menarik kemudian direalisasikan dengan program sekolah; mengembangkan program unggulan; menyelenggarakan program ekstrakurikuler; meningkatkan pelayanan pendidik maupun tenaga pendidikan; menjalin kerjasama sekolah dengan masyarakat, sesama sekolah, maupun instansi lain; meningkatkan nilai jual sekolah melalui intensitas unggahan setiap even sekolah di media online. (3) Implikasi school branding dalam meningkatkan daya saing lembaga pendidikan yaitu Citra madrasah semakin meningkat, Kepuasan dan kepercayaan masyarakat terhadap madrasah meningkat, Peningkatan pada pendaftar calon peserta didik baru, Semakin luas jangkauan madrasah, Adanya hubungan yang harmonis antara pelanggan dan madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dian Pratiwi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Dec 2023 01:10
Last Modified: 01 Dec 2023 01:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26532

Actions (login required)

View Item View Item