Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Pemesanan Makanan Ringan Di Umkm Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan

Muzakii, Husein (2023) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Pemesanan Makanan Ringan Di Umkm Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
210217021_Mashusein Muzakki_Hukum Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB)

Abstract

Muzakki, Mashusein. 2023 Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Pemesanan Makanan Ringan Di UMKM Kecamatan Takeran Kabupaten Magetan. Pembimbing Khairil Umami, M.S.I.

Kata Kunci : akad Istis{na>’, Jual Beli, Produk Makanan Ringan

Pembahasan dalam penelitian ini melihat praktik akad Istis{na>’ yang terjadi pada jual beli makanan ringan produk UMKM di kecamatan Takeran, kabupaten Magetan. Produk dari UMKM tersebut ialah Kripik Tempe dan Makroni. Pada praktik jual beli tersebut terdapat beberapa problem yaitu terkait tata cara pembayaran di awal atau di akhir. Kemudian belum tentu produk atau barang yang dibeli sesuai dengan pemesanan, terutama terkait kualitas barang yang kadang-kadang rusak dan akhirnya transaksi dibatalkan.
Oleh karena itu melihat praktik jual beli dengan akad Istis{na>’ tersebut beserta problematis yang ada, fokus penelitian ini merumuskan dalam rumusan masalah penelitian yaitu, 1.Bagaimana Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pembatalan pemesanan makanan ringan Pada UMKM di Kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan ?2.Bagaimana Tinjauan Hukum Islam Terhadap kualitas produk makanan ringan pada UMKM di Kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan
Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana praktik jual beli dengan akad Istis{na>’ pada produk UMKM tersebut dengan tata aturan sebagaimana hukum Islam. Pada penelitian ini digunakan penelitian kualitatif yang ditinjau dari lokasi sumber datanya termasuk penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara atau interview, dokumentasi, dan pengalaman personal. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini bahwa praktik pembatalan pemesanan jual beli pada makanan ringan produk UMKM di kecamatan Takeran yang berupa produk Makroni dan Keripik Tempe, praktik pembatalan pemesanan makanan ringan pada UMKM di Kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan di perbolehkan karena objek atau barang tersebut mengalami kerusakan. Pada kualitas barang dalam praktik pemesanan makanan ringan di UMKM Kecamatan Takeran, Kabupaten Magetan produsen mengalami kerugian dikarenakan produk mengalami kerusakan dan pembatalan dari konsumen. Dapat disimpulkan pembatalan akad tersebut sudah sesuai dengan hukum Islam, karena produk tersebut mengalami kecacatan atau kerusakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Khairil Umami
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Nov 2023 04:44
Last Modified: 29 Nov 2023 04:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26524

Actions (login required)

View Item View Item