Strategi Pemasaran Pedagang Bakso di Pasar Somoroto Dalam Meningkatkan Profitabilitas Perspektif Ekonomi Syariah

Rohmawati, Silvia Marlinda (2023) Strategi Pemasaran Pedagang Bakso di Pasar Somoroto Dalam Meningkatkan Profitabilitas Perspektif Ekonomi Syariah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Silvia Marlinda Rohmawati_401190182_Ekonomi Syariah.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi karena strategi pemasaran yang digunakan oleh pedagang bakso dan dampaknya terhadap pasar Somoroto. Informasi mengenai strategi pemasaran yang menarik diterapkan oleh para pedagang bakso di pasar Somoroto sudah melibatkan unsur pemasaran syariah.
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Menganalisis strategi pemasaran penjual bakso di pasar Somoroto dalam meningkatkan profitabilitasnya. 2) Menganalisis dampak strategi pemasaran yang diterapkan oleh penjual bakso di pasar Somoroto dalam meningkatkan profitabilitas.
Penelitian ini termasuk penelitian studi lapangan, dalam proses pelaksanaannya penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang memfokuskan kajiannya pada pemasaran produk dan penetapan harga. Data diambil dengan menggunakan metode wawancara dengan para informan Kedai Bakso Somoroto Ponorogo, observasi dan dokumentasi di lingkungan Kedai Bakso Somoroto Ponorogo, selanjutnya data diolah kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif- kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terkait strategi pemasaran penjual bakso dalam meningkatkan profitabilitas di pasar Somoroto Ponorogo perspektif ekonomi syariah maka diperoleh kesimpulan 1) Strategi pemasaran Produk (Product), Harga (Price), Promosi (Promotion), Distribusi (Place), Orang (People), Proses (Process), dan Bukti Fisik (Physical evidence) digunakan untuk menganalisis pasar dan menentukan kebijakan usaha dalam menarik minat serta kepuasan konsumen. 2) Menganalisis dampak yang terjadi dengan adanya usaha bakso, dampak dibedakan atas dua jenis yaitu dampak positif dan negatif, dari dampak positif terdapat sebagai pendapatan keluarga dan masyarakat sedangkan dampak negatifnya pengaruh bahan dasar daging impor serta kenaikan harga pokok mempengaruhi pendapatan berkurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Unun Roudlotul Janah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Nov 2023 07:38
Last Modified: 28 Nov 2023 07:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26522

Actions (login required)

View Item View Item