..(PERBAIKI JUDUL PADA LEMBAR PERSETUJAN PUBLIKASI BUKAN LEMBAR PENGESAHAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Literasi terhadap Minat Baca Siswa Kelas V MIN 6 Ponorogo

Musyafa'ah, Lailatul (2023) ..(PERBAIKI JUDUL PADA LEMBAR PERSETUJAN PUBLIKASI BUKAN LEMBAR PENGESAHAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Literasi terhadap Minat Baca Siswa Kelas V MIN 6 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
LAILATUL MUSYAFA'AH ETHESIS.pdf

Download (824kB)

Abstract

ABSTRAK
Musyafa’ah, Lailatul. 2023. Pengaruh Kemampuan Literasi terhadap Minat Baca Siswa Kelas V MIN 6 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Ayunda Riska Puspita, M.A.
Kata Kunci: Kemampuan Literasi dan Minat Baca.
Literasi dapat diartikan sebagai melek huruf, kecakapan dalam membaca dan menulis serta kemampuan baca dan tulis. Literasi sangat penting dan berdampak terhadap minat baca karena sebagian besar proses pendidikan terdapat pada kegiatan literasi. Kurangnya kemampuan membaca siswa sering terjadi akibat kemampuan bahasa Indonesia siswa yang masih kurang, lemahnya minat baca yang dimiliki siswa, kondisi perpustakaan sekolah yang kurang menunjang sehingga berpengaruh terhadap minat baca siswa tentang pengetahuan. Literasi membaca dan menulis sudah menjadi suatu kesatuan. Jika hanya berfokus pada satu kegiatan saja, akan terjadi kepincangan. Misalnya hanya literasi membaca saja, lalu apa yang dibaca. Begitu juga hanya literasi menulis saja, lalu siapa yang membaca. Karena itu, keduanya harus saling berkontribusi dan saling melengkapi
Penelitian ini mempunyai tiga tujuan. Pertama, untuk mendeskripsikan kemampuan literasi siswa kelas V di MIN 6 Ponorogo. Kedua, untuk mendeskripsikan minat baca siswa kelas V di MIN 6 Ponorogo. Ketiga, untuk mendeskripsikan pengaruh kemampuan literasi terhadap minat baca siswa kelas V di MIN 6 Ponorogo.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 34 responden siswa MIN 6 Ponorogo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Data analisis menggunakan uji regresi linear sederhana.
Berdasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan literasi siswa di MIN 6 Ponorogo termasuk dalam kategori sangat baik sebanyak 14 siswa dengan persentase (41%); (2) Minat baca termasuk dalam kategori sangat tinggi sebanyak 20 siswa dengan persentase 59%; (3) Kemampuan literasi memiliki pengaruh terhadap minat baca siswa kelas V MIN 6 Ponorogo sebesar 1,7% sedangkan 98,3% dipengaruhi oleh faktor lain, dan garis regresi linearnya adalah Y = 58,694 + 0,194. Jika kemampuan literasi siswa baik, akan meningkatkan minat baca siswa yang baik pula.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ayunda Riska Puspita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Nov 2023 07:35
Last Modified: 28 Nov 2023 07:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26519

Actions (login required)

View Item View Item