Tinjauan ‘Urf Terhadap Tebus Kembar Mayang dalam Pernikahan Adat Jawa di Desa Mategal, Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan

Lestari, Rinda Widyati (2023) Tinjauan ‘Urf Terhadap Tebus Kembar Mayang dalam Pernikahan Adat Jawa di Desa Mategal, Kecamatan Parang, Kabupaten Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI RINDA UPLOAD E-THESIS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Widyati Lestari, Rinda, 2023. Tinjauan ‘Urf Terhadap Tradisi Tebus Kembar Mayang Dalam Pernikahan Adat Jawa Di Desa Mategal Kecamatan Parang Kabupaten Magetan. Jurusan Hukum Keluarga Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Fuady Abdullah, M.A.
Kata Kunci/Keywords: Pernikahan, Tebus Kembar Mayang dan ‘Urf
Tebus kembar mayang merupakan salah satu ritual sebelum upacara pernikahan, penebusan dilakukan oleh pihak keluarga pengatin wanita dilaksanakan sore atau malam hari. Sedangkan ‘Urf merupakan sesuatu perbuatan yang sudah terjadi kebiasaan manusia. Berjalannya waktu tradisi tebus kembar mayang dalam pernikahan di Desa Mategal masih menjadi tradisi yang masih dipercaya bahwa dilakukan oleh mayoritas Masyarakat. Ada sebagian tidak percaya dengan tradisi tersebut, oleh sebab itu permasalahan ini dilakukan penelitian yang tinjau dari ‘urf .
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana prosesi tradisi tebus kembar mayang yang ada di Desa Mategal Kecamatan Parang Kabupaten magetan menurut tinjauan ‘urf ? (2) Bagaimana nilai-nilai dalam tradisi tebus kembar mayang di Desa Mategal Kecamatan Parang Kabupaten Magetan menurut tinjauan ‘urf ?
Penenlitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) yang berlokasi di Desa Mategal Parang Magetan. Sedangkan Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian dapat disimpulkan: (1)Tinjauan ‘urf terhadap tradisi tebus kembar mayang dalam pernikahan di Desa Mategal Kecamatan Parang Kabupaten Magetan, melanggar ketentuan ‘urf karena dalam prosesi tradisi tebus kembar mayang masyarakat diharuskan untuk melakukan tradisi tebus kembar mayang dalam pernikahan itu tentu tidak sesuai dengan syariat Islam. Oleh sebab iti prosesi tebus kembar mayang dapat dijadikan sumber hukum yang bertentangan dan tidak sesuai dengan syariat Islam, maka berdasarkan tinjauan termasuk ‘urf fasid. (2)Tinjaun ‘urf terhadap nilai-nilai tradisi tebus kembar mayang di Desa Mategal Kecamatan Parang Kabupaten Magetan, berdasarkan nilai-nilai yang terdapat dari simbol-simbol tradisi tebus kembar mayang bagi kehidupan Masyarakat menimbulkan kesyirikan kepada Allah Swt , meragukan atas kehendaknya oleh sebab termasuk ‘urf fasid itu tidak sesuai dengan syariat Islam yang bertentangan dengan nashnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fuady Abdullah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Nov 2023 01:54
Last Modified: 28 Nov 2023 01:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26516

Actions (login required)

View Item View Item