Strategi Radio Madya FM Kota Madiun Dalam Mempertahankan Eksistensinya Di Era Gempuran Media Baru

Stiyoputri, Iis (2023) Strategi Radio Madya FM Kota Madiun Dalam Mempertahankan Eksistensinya Di Era Gempuran Media Baru. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Skripsi tesis iis.pdf

Download (824kB)

Abstract

ABSTRAK

Stiyoputri, Iis. 2023. Strategi Radio Madya FM Kota Madiun Dalam Mempertahankan Eksistensinya Di Era Gempuran Media Baru. Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Kayyis Fithri Ajhuri, M.A.

Kata Kunci : Strategi, Eksistensi, Radio, Media Baru.

Strategi komunikasi merupakan suatu perencanaan, taktik, dan cara yang digunakan untuk melancarkan komunikasi dengan memperhatikan aspek-aspek yang ada pada prosesnya untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Skripsi yan berjudul “Strategi Radio Madya FM Kota Madiun Dalam Mempertahankan Eksistensinya Di Era Gempuran Media Baru” ini bertujuan untuk mendeskripsikan, mempelajari pengelolaan, menjelaskan langkah-langkah, serta mengetahui hasil dari strategi yang dilakukan oleh Radio Madya FM Kota Madiun dalam mempertahankan eksistensial ditengah maraknya media-media baru yang bermunculan agar program-program siaran tetap diminati oleh khalayak.
Metode yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif deskriptif yakni untuk memudahkan peneliti menuturkan dan menafsirkan data yang berkaitan dengan fakta, keadaan, dan fenomena tentang apa yang dialami oleh objek penelitian. Pendekatan sosiologis karena dalam strategi mempertahankan sebuah eksistensi dari suatu lembaga, pengetahuan dan gejala-gejala yang ada didalam masyarakat sangat diperlukan. Pendekatan sosiologis merupakan ilmu yang mempelajari tentang kehidupan sosial manusia. Sedangkan proses pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, dan keabsahan datanya peneliti menggunakan ketekunan pengamat dan triangulasi. Dan teori yang digunakan adalah teori POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling).
Temuan peneliti ini menggambarkan adanya strategi yang dilakukan oleh Radio Madya FM dalam mempertahankan eksistensial di era gempuran media baru diantaranya dengan pembaharuan staf anggota perusahaan, perencanaan dan pelaksanaan pada program-program baru, pemanfaatan media sosial, penggunaan aplikasi streaming, serta evaluasi dari setiap program yang sudah dijalankan. Kemudian dari penggunaaan streaming tersebut juga mengalami beberapa kendala seperti gangguan koneksi internet, server sewaktu-waktu bermasalah, dan dari segi bahasa yang tidak mudah dimengerti oleh khalayak dari luar. Sedangkan keuntungannya dari penggunaan website streaming ini adalah mampu mencakup massa yang luas serta penggunaannya yang praktis. Selain itu, metode streaming ini juga mendatangkan keuntungan lain berupa branding yang baik dan populer.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kayyis Fithri Ajhuri
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Nov 2023 01:49
Last Modified: 28 Nov 2023 01:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/26514

Actions (login required)

View Item View Item